Deden Jaenal, (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MILENIAL DI SMP ISLAM KHOERUL BAROKAH MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808101270_1_cover.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
1808101270_2_bab1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
1808101270_6_bab5.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
1808101270_7_dafpus.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Deden Jaenal : PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MILENIAL DI SMP ISLAM KHOERUL BAROKAH MAJALENGKA NIM. 1808101270 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan peneliti di SMP Islam Khoerul Barokah Majalengka bahwa masih ada permasalahan tentang kedisiplinan belajar peserta didik yang cukup mendasar atau dikatakan kurang baik seperti terlambat datang ke sekolah, tidak menggunakan seragam lengkap, baju dikeluarkan, tidak sopan dan ngobrol dengan teman ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran, tidak mengerjakan tugas, dan masih ada beberapa siswa yang suka tidur di dalam kelas. Hal tersebut menunjukkan bahwa sikap disiplin peserta didik masih kurang baik dalam menjalankan aktivitas sehari�hari sebagai seorang pelajar di sekolahnya. Disiplin merupakan suatu sikap kepatuhan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh berdasarkan rasa sadar yang terdapat dalam diri seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dan berperilaku sesuai dengan situasi dan kondisi menurut aturan dan norma yang berlaku di lingkungan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa milenial di SMP Islam Khoerul Barokah Majalengka, untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa milenial di SMP Islam Khoerul Barokah Majalengka, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa milenial di SMP Islam Khoerul Barokah Majalengka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa milenial di SMP Islam Khoerul Barokah Majalengka dikatakan sudak cukup baik, selain sebagai seorang tenaga pendidik bisa juga berperan sebagai, pembimbing, teladan, dan motivator. Hal tersebut ditunjukan dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Tingkat kedisiplinan peserta didik di SMP Islam Khoerul Barokah Majalengka dikatakan sudah mengalami peningkatan ditandai dengan adanya beberapa indikator kedisiplinan diantaranya, datang ke sekolah lebih awal, berpakaian dengan rapih, rajin mengejakan tugas. Kedisiplinan peserta didik dipengaruhi oleh faktor diri sendiri dan lingkungan masyarakat atau keluarga. Dua hal tersebut yang mengakibatkan peserta didik mengalami peningkatan kedisiplinan. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Disiplin Belajar, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11338 |
Actions (login required)
View Item |