PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

IMAS MASRUROH, (2023) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101212_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101212_2_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101212_6_bab5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101212_7_dafpus.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

IMAS MASRUROH NIM. 1908101212 Perbandingan Efektivitas Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pergantian kurikulum memang tidaklah mudah bagi para guru di sekolah. Selain harus beradpatasi dengan kebijakan yang baru mereka juga harus mempelajari isi dari kurikulum tersebut. Setiap kurikulum mempunyai persamaan dan perbedaan. Sudah hampir sepuluh kali pendidikan di Indonesia mengganti kurikulum. Saat ini kurikulum 2013 diganti menjadi kurikulum merdeka. setiap kurikulum mempunyai perbandingan antara kurikulum sebelum diganti dengan kurikulum yang baru, hal ini jelas terlihat dari persiapan pembelajaran hingga penerapan pembelajaran di kelas. Banyak sekali perbandingan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, yakni perbandingan kerangka dasar, kompetensi, pembelajaran, penilaian, dan perangkat kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, serta untuk mengetahui persamaan dan perbedaan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kurikulum adalah sekumpulan kegiatan pendidikan untuk pengembangan dan pembentukan pribadi peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang akan dicapai, sehingga dapat meningkatan kualitas pendidikan. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menuntut peserta didik untuk menguasai isi materi yang disampaikan, yang bertujuan untuk terbentuknya karakter serta melahirkan qgenerasi yang produktif dan kreatif. Kurikulum merdeka adalah kurikulum pembelajaran intrakurikuler dengan berbagai macam ragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah Undang-Undang Permendikbud dan Permendikbudristek, serta literatur lain yang berkaitan dengan topik pembahasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Content Analysis (Kajian Isi). Hasil dari penelitian ini yaitu tujuan pembelajaran pada kurikulum 2013 guru harus memahami KD, tujuan pembelajaran, dan guru harus mengembangkan silabus yang menjadi acuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran kurikulum merdeka materi yang dipadatkan melalui CP yang dirancang berdasarkan fase, sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk menggali kompetensinya. Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: rumusan pada KI-KD dan Capaian Pembelajaran, RPP, Modul Ajar, silabus, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), materi pembelajaran, kode materi pelajaran pada KD dan ATP, alokasi waktu, fase, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Profil Pelajar Pancasila. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Tujuan Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:06
Last Modified: 11 Jul 2023 02:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item