PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN

SIFA RIZKI UTAMI, (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908101125_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101125_2_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101125_6_bab5.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908101125_7_dafpus.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Sifa Rizki Utami : NIM 1908101125 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pancalang Kabupaten Kuningan. Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan, bahwa pada proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru sudah menggunakan model atau metode pembelajaran, idealnya hasil belajar siswa bagus tetapi berdasarkan hasil wawancara dengan guru sekitar 80% siswa masih berkutat pada nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Masalah ini diduga disebabkan oleh tidak beragamnya metode yang digunakan sehingga menimbulkan kebosanan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two, untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pancalang Kabupaten Kuningan. Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan belajar kolaboratif, mendorong kepentingan dan keuntungan sinergi. Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two memiliki prinsip bahwa berpikir berdua jauh lebih baik daripada berpikir sendiri. Hasil belajar diartikan sebagai hasil yang dicapai setelah terjadi proses belajar dan pembelajaran, yang menghasilkan perubahan tingkah laku. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan prosentase, perhitungan mean, median, modus, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two siswa kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pancalang Kabupaten Kuningan masuk dalam kategori baik, dengan nilai 82,82 % karena berada pada interval 75% - 100%. Diperoleh nilai koefisien korelasi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dan hasil belajar siswa sebesar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:46
Last Modified: 11 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item