PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN CIREBON

NAZLA HIDAYATI, (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101137_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101137_2_bab1.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101137_6_bab5.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101137_7_dafpus.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

NAZLA HIDAYATI NIM. 1808101137 Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ciwaringin Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa guru telah memanfaatkan strategi pembelajaran dengan baik. Namun, hasil belajar relatif rendah. Indikator hasil belajar yang rendah terlihat dari guru hanya terfokus dari buku pembelajaran sehingga masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas, mengantuk dikelas, mengobrol, bermain hp dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi inkuiri pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Ciwaringin, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Ciwaringin. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Hasil belajar diartikan sebagai hasil maksimum yang telah dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam mempelajari materi yang sudah diberikan. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kuantitatif, penyusun menggunakan jenis penelitiann kuantitatif eksperimen dengan dua jenis data yaitu data primer yang diperoleh melalui penelitian secara langsung dengan menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi dan tes. Data sekunder diperoleh dengan menelaah buku-buku perpustakaan, jurnal, laporan dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan angket mengenai pengaruh strategi pembelajaran inkuiri diperoleh hasil sebesar 91% yang menunjukkan kategori baik. Adapun hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Ciwaringin dengan penyebaran tes soal diperoleh hasil dari perhitungan mean (84,12), median (85,14) dan modus (83,00) yang menunjukkan baik. Besaran pengaruhnya sebesar 23,7%, maka 76,3% lagi dapat ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:27
Last Modified: 11 Jul 2023 03:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item