Analisis Penggunaan Aplikasi Food DeliveryService Pada Pedagang Kuliner Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islamic Marketing (Studi Kasus Pedagang Kuliner di Kota Cirebon).

MEGA FURYANTIE, (2022) Analisis Penggunaan Aplikasi Food DeliveryService Pada Pedagang Kuliner Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islamic Marketing (Studi Kasus Pedagang Kuliner di Kota Cirebon). Bachelor thesis, S2-Magister Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Mega Furyantie. 20086050006. Analisis Penggunaan Aplikasi Food Delivery Service Pada Pedagang Kuliner Pasca Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islamic Marketing (Studi Kasus Pedagang Kuliner di Kota Cirebon). Ditengah perjuangan melawan wabah yang sedang terjadi saat ini, tidak sedikit dampak yang ditimbulkan termasuk dari segi perekonomian.Seiring dengan perkembangan zaman, kini teknologi mulai memasuki ranah ekonomi. Dimana telah berkembang ekonomi digital yang saat ini menjadi trend dikalangan masyarakat Indonesia. Kini melakukan aktivitas menggunakan kemajuan teknologi sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik Food Delivery Service selama masa pandemi serta pandangan ekonomi syariah terkait trend berbelanja online melalui Aplikasi Food Delivery Service. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi aplikasi food delivery service telah sesuai antara yang ada di perjanjian pesyaratan dan kondisi dengan yang ada dilapangan. Walaupun ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan sistem, namun semua pihak yang terlibat sepakat untuk tidak merasa dirugikan. Ketidaksesuaian yang terjadi selama transaksi berlangsung telah diterima oleh kedua belah pihak, dengan harapan kedepannya akan saling memperbaiki kembali. Kemudian berharap kedepannya bisa lebih maksimal lagi, baik dari segi perusahaan, mitra driver, mitra restauran maupun dari pihak konsumennya juga. (2) ditinjau dari perspektif Islamic Marketing, pada prinsipnya konsep pemasaran syariah tidak berbeda dengan konsep pemasaran tradisional. Konsep pemasaran Islam dapat dikatakan sebagai sintesis dari konsep pemasaran tradisional dan ajaran Islam. Adapun Peran agama Islam dalam perumusan konsep dan strategi pemasaran Islami hanya terbatas pada alat pemasaran saja. Perbedaan kedua jenis pemasaran tersebut adalah bahwa konsep pemasaran Islami terkesan hanya menyentuh atribut dan pelaku produk. Hal ini terlihat pada syarat halal dan baik produk dan jasa (halalan thayyiban), mulai dari proses pembuatannya hingga dapat disampaikan kepada konsumen. Demikian pula ciri-ciri pemasar yaitu mensyaratkan kejujuran, menghindari perilaku curang, tidak berlaku curang dan berpegang pada hal-hal lain yang dilarang oleh ajaran Islam. Kata Kunci: Food Delivery Service, Pandemi Covid-19, Islamic Marketing

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:54
Last Modified: 13 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item