PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL AL QUR’AN SANTRI SLOW LEARNER DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH PUTRA CIREBON

TETI SUMIATI, (2022) PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL AL QUR’AN SANTRI SLOW LEARNER DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH PUTRA CIREBON. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Teti Sumiati, 2022 : “Pendekatan Neurosains Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al Qur’an Santri Slow Learner Di esantren Al Hikmah Putra Cirebon.” Slow Learner adalah Anak Berkebutuhan Khusus di atas Tuna Grahita yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata. Pada umumnya mengalami kesulitan dalam belajar terutama dalam hafalan dan pemahaman. Pendidikan untuk anak slow learner di Indonesia masih kurang diperhatikan, terutama yang berada di sekolah maupun pesantren non inklusi. Kesulitan menghafal ini dialami pula oleh santri slow learner di |Pesantren Al-Hikmah Putra. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan enganalisis tentang karakteristik slow learner, kesulitan yang dihadapi dalam menghafal Al-Qur’an, metode dan media yang tepat bagi slow learner dan implementasi neurosains dalam pembelajaran tahfidz bagi santri slow learner dalam setting Pesantren Al-Hikmah Putra Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk mengamati suatu program, peristiwa, kegiatan dan strategi pembelajaran berbasis neurosains terhadap santri slow learner. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ditemukan bahwa karakteristik slow learner Pesantren Al�Hikmah Putra yakni kesulitan dalam belajar terutama hafalan dan peahaman karena IQ yang rendah atau di bawah rata-rata, bermasalah dalam bahasa, sosial, emosi dan moral. Kesulitan yang dialami santri slow learner di Pesantren Al-Hikmah Putra dalam menghafal adalah pada Ujian Satu Juz (USJ) yang dilakukan sekali duduk. Sistem ujian tersebut membuat santri kesulitan naik juz. Metode menghafal yang digunakan di Pesantren Al-Hikmah adalah tikrar dengan media Al-Qur’an Tikrar Syaamil yang mengutamakan pengulangan, metode ini sangat tepat bagi slow learner namun pelaksanaan dan evaluasinya kurang konsisten selain itu fasilitas untuk media visual serta audio masih minim. Pendekatan neurosains bagi slow learner sudah diterapkan dengan kegiatan tambahan seperti hypno motivasi, pembacaan do’a kalamun qadim, dan refreshing halaqah dengan kegiatan olahraga namun belum efektif karena kurangnya intensitas dan ketiadaan Guru Pendamping Khusus yang memiliki kompetensi mengajar santri slow learner.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:57
Last Modified: 21 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item