Maryani, (2022) KONSEPSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ONLINE DI DEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Maryani:“Konsepsi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Sekolah Dasar” Pembelajaran PAI bukan hanya kumpulan pengetahuan, tetapi juga merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi jasmani dan rohani siswa sebagai hamba Allah swt. Menyajikan pembelajaran PAI berbasis online di Sekolah Dasar sebaiknya bukan product by accident yang mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital. Pembelajaran PAI berbasis online di Sekolah Dasar seharusnya by design yang mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, dan menjadikan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat, Olehkarena itu diperlukan adanya konsepsi pembelajaran PAI berbasis online di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap desain perencanaan pembelajaran, model dan sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran PAI berbasis online di Sekolah Dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran online terdapat tiga komponen yang perlu diperhatikan yaitu, strategi pembelajaran, model pendidikan dan teknologi pendidikan. Ketiga komponen tersebut menjadi dasar untuk dapat membuat desain pembelajaran online. Desain pembelajaran online sendiri meliputi desain perencanaan, model dan sumber belajar online, serta evaluasi pembelajaran online. Desain perencanaan online, disajikan dalam RPP online, pengisian RPP online. Sedangkan desain model dan sumber pembelajaran online di Sekolah Dasar dapat melalui model asynchronous, synchronous ataupun model blanded learning dengan sumber belajarnya memanfaatkan alat teknologi dan platform yang sudah dapat diakses mudah dengan beragam pilihan. Sementara untuk desain evaluasi pembelajaran online di Sekolah Dasar dibuat dengan menyesuaikan KD yang hendak dicapai, model pembelajaran online-nya dan tipe aplikasi yang digunakan Kata kunci : K
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11529 |
Actions (login required)
View Item |