Slamet Bukhori, (2022) METODE PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS INKLUSI DI SD SMART AULADI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Slamet Bukhori: “Metode Pembelajaran PAI Pada Kelas Inklusi di SD Smart Auladi Kota Cirebon” Manusia merupakan makhluk Allah yang paling sempurna dan sebaik-baiknya ciptaan yang mempunyai fitrah sebagai makhluk hidup yang memilliki kemampuan untuk berfikir, berkreasi, beragama serta kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungannya Pembelajaran pada kelas inklusi merupakan terobosan pendidikan dalam rangka memberikan kesempatan untuk peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar bersama peserta didik reguler dalam satu ruangan. Sekolah SD Smart Auladi Kota Cirebon adalah salah satu sekolah inklusi berbasis Islam dan menggunakan kurikulum merdeka. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus? bagaimana metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus? dan bagaiaman proses penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SD Smart Auladi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakanan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perjodohan pola, dan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga metode yang diterapkanpun menyesuaikan dari kemampuan masing-masing (sesuai diagnosa) pada siswa ABK serta menyesuaikan dengan materinya. Sekolah SD Smart Auladi ini juga sudah mampu menjadi sekolah yang bisa mempraktikkan dalam program Inklusi karena bagi siswa ABK merasa senang dan tumbuh percaya diri terhadap teman-temannya yang lain bahwa mereka sama dengan adanya dorongan dari guru yang selalu menyamakan dengan siswa-siswa yang lain, juga siswa reguler yang penuh dengan rasa syukur serta saling membantu satu dengan yang lainnya. Proses Penilaian bagi siswa ABK memiliki standar penilaian sendiri yang dilihat dari kemampuan diri anak, serta penyusunan materipun guru pembimbing saling bekerjasama/mendiskusikan antara orang tua dan psikolog sebelum terbentuknya model silabus atau bisa dinamakan Program Pembelajaran Individual (PPI) guna agar bisa saling bekerjasama dalam mendidik putra/putrinya baik di sekolah ataupun di rumah, dan saling mengetahui perkembangan diri anak selama belajar. Kata Kunci: Metode, Pendidikan Agama Islam, Kelas Inklusi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11534 |
Actions (login required)
View Item |