FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK PADA MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

SURYA IBRAHIM, (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK PADA MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205086_1_cover.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205086_2_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205086_6_bab5.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205086_7_dafpus.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

SURYA IBRAHIM. NIM : 1908205086, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK PADA MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Perkembangan dunia usaha menawarkan berbagai kesempatan kerja dengan laju yang semakin pesat. Untuk menghasilkan lulusan akuntansi yang berkualitas dan siap pakai di dunia usaha, maka perkembangan dunia usaha harus selalu direspon dengan sistem pendidikan akuntansi. Meski kebutuhan akan profesi ini sebagai auditor lembaga keuangan dan perusahaan sangat tinggi, namun profesi akuntan publik sendiri di Indonesia terbilang sangat langka. Ada beberapa faktor yang mendorong para akademisi khususnya lulusan akuntansi untuk memilih karir di profesi akuntansi, faktor tersebut antara lain penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja dan personalitas dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa akuntansi syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon semester 8 dan sudah menempuh mata kuliah audit internal yaitu sebanyak 108 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah berjumlah 52 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara uji t penghargaan finansial memiliki nilai t hitung sebesar 1,405 < t tabel sebesar 2,010, maka dapat disimpulkan bahwa penghargaan fianansial tidak berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Secara uji t pertimbangan pasar kerja memiliki nilai t hitung sebesar -0,133 < t tabel sebesar 2,010, maka dapat disimpulkan bahwa pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Sedangkan personalitas secara uji t memiliki nilai t hitung sebesar 3,008 > t tabel sebesar 2,010, maka dapat disimpulkan bahwa personalitas berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Secara uji F simultan penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja dan personalitas memiliki nilai F hitung 5,005 > F tabel 2,80 maka dapat disimpulkan bahwa penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja dan personalitas berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Kata kunci: Penghargaan finansial, pertimbangan pasar kerja, personalitas dan pemilihan karir sebagai akuntan publik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:59
Last Modified: 18 Aug 2023 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11557

Actions (login required)

View Item View Item