PENGARUH KESADARAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK DAN PELAYANAN RELAWAN PAJAK TERHADAP PELAKSANAAN SELF ASSESSMENT SYSTEM PADA PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus di Tax Center IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

NUR ANJANI PUTRI, (2023) PENGARUH KESADARAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK DAN PELAYANAN RELAWAN PAJAK TERHADAP PELAKSANAAN SELF ASSESSMENT SYSTEM PADA PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus di Tax Center IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205112_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205112_2_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205112_6_bab5.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205112_7_dafpus.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

NUR ANJANI PUTRI. NIM: 1908205112, “PENGARUH KESADARAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK DAN PELAYANAN RELAWAN PAJAK TERHADAP PELAKSANAAN SELF ASSESSMENT SYSTEM PADA PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI KASUS DI TAX CENTER IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)”, 2023. Saat ini di Indonesia sistem pemungutan pajak yang diterapkan adalah self assessment system. Self assessment system, yaitu sistem pemungutan pajak dengan menerapkan kepercayaan dan tanggung jawab kepada wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya dengan menghitung, menyetor dan melaporkan jumlah pajak yang terutang. Self assessment system diterapkan pada pelaporan SPT Tahunan dengan wajib pajak diberikan kewenangan untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan secara mandiri, tetapi dalam pelaksanaan sistem ini muncul masalah yaitu masih terdapat wajib pajak yang terlambat dan tidak melaporkan SPT Tahunan hingga mendapatkan sanksi pajak, hal ini dikarenakan wajib pajak belum memahami self assessment system dan wajib pajak tidak memiliki kesadaran dalam melaporkan pajak penghasilannya serta pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan karena melalui sistem ini setiap wajib pajak diwajibkan untuk mengisi dan menyampaikan surat pemberitahuan pajak (SPT) secara mandiri dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara langsung maupun tidak langsung pengaruh kesadaran pajak, pemahaman peraturan pajak dan pelayanan relawan pajak terhadap pelaksanaan self assessment system pada pelaporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan penyebaran kuesioner dengan jumlah sample yang sudah didapatkan sejumlah 67 responden wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan orang pribadi di Tax Center IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan software Statistic Product and Service Soution (SPSS) versi 26 untuk uji statitstik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system dengan nilai Thitung 2,419 > Ttabel 1,999 , pemahaman peraturan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system dengan nilai Thitung 2,027 > Ttabel 1,999, sedangkan pelayanan relawan pajak tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan self assessment system dengan memiliki nilai Thitung 1,175 < Ttabel 1,999. Pengujian data secara simultan menghasilkan kesadaran pajak, pemahaman peraturan pajak dan pelayanan relawan pajak berpengaruh terhadap pelaksanaan self assessment system dengan nilai Fhitung 5,108 > Ftabel 2,75. Kata Kunci: Kesadaran Pajak, Pemahaman Peraturan Pajak, Relawan Pajak dan Self Assessment System.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:33
Last Modified: 18 Aug 2023 03:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item