PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI PENINGKATAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI SEKTOR UMKM KULINER DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

ROSA AMALIA, (2023) PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI PENINGKATAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI SEKTOR UMKM KULINER DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204010_1_cover.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204010_2_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204010_6_bab5.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204010_7_dafpus.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Rosa Amalia. NIM: 1908204010, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI PENINGKATAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI SEKTOR UMKM KULINER DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON”, 2023. UMKM merupakan salah satu jenis usaha kecil. Pelaku sektor UMKM harus mengembangkan dan meningkatkan inovasi penyajian makanan dan minuman dengan terlebih dahulu memahami tuntutan masyarakat yang berbeda dan kemudian mengembangkan item baru. Para pelaku sektor ini juga harus memiliki kemampuan manajemen keuangan, pemasaran, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan digital marketing dalam meningkatkan perekonomian pelaku UMKM; (2) Bagaimana analisis SWOT dalam penerapan digital marketing untuk peningkatan dan pemberdayaan perekonomian pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini: Digital marketing menjadi salah satu cara untuk mempermudah dalam penjualan. Dalam digital marketing penjual dan pembeli memiliki keuntungan jika menggunakan digital marketing. Penjual memiliki keuntungan agar menghemat biaya iklan untuk promosi, mempunyai peluang memiliki pelanggan lebih luas. Sedangkan pembeli memiliki keuntungan efektif dan efesien ketika ingin membeli produk melalui digital marketing. Pelaku UMKM akan membutuhkan informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing di era digital saat ini. Namun di era sekarang tidak banyak pelaku usaha menggunakan sistem digital, dikarenakan sering menemui kesulitan untuk mendapatkan solusi teknologi informasi yag tepat karena pelaku UMKM tidak memiliki skill atau staff khusus untuk mengelola media sosial. Kata kunci: UMKM, Digital Marketing, Peningkatan dan Pemberdayaan Ekonomi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:50
Last Modified: 10 Jan 2024 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item