EKSISTENSI SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIREBON

SA’DIYAH, (2023) EKSISTENSI SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTERISASI HAJI TERPADU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN CALON JEMAAH HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga.

[img]
Preview
Text
1908201108_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201108_2_bab1.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201108_6_bab5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908201108_7_dafpus.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

SA’DIYAH. 1908201108. Eksistensi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Calon Jemaah Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, 2023 Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang digadang-gadangkan dapat menjanjikan kemudahkan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap jemaah haji ternyata belum tersampaikan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya jemaah haji yang datang ke Kantor Kementerian Agama hanya untuk menanyakan tahun keberangkatan. Selain itu proses penginputan data jemaah haji tak jarang mengalami kendala terutama ketika melakukan tanda tangan elektronik. Regulasi SISKOHAT perlu ditinjau dalam penerapannya di Kementerian Agama Kabupaten Cirebon sebagai wadah dasar user SISKOHAT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan SISKOHAT dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji, faktor pendukung maupun penghambat dan kacamata Peraturan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler dalam penerapan SISKOHAT di Kementerian Agama Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Kualitatif Deskriptif. Dengan objek penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah dengan memadukan penelitian kepustakaan dan lapangan, yakni mengumpulkan data-data di lapangan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi SISKOHAT dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji di Kemenag Kabupaten Cirebon berjalan baik, namun masih memerlukan peningkatan dalam kualitas pelayanan karena masih banyaknya jemaah haji yang belum mengetahui SISKOHAT, salah satu caranya dengan sosialisasi kepada jemaah tentang kemudahan SISKOHAT. 2) Beberapa faktor pendukung SISKOHAT di Kemenag Kabupaten Cirebon meliputi perangkat komputer, jaringan yang memadai, integrasi pengelola SISKOHAT. Adapun faktor penghambat SISKOHAT meliputi konektivitas tidak stabil, gangguan jaringan, memakai sistem CDP, penginputan data yang loading. 3) Implementasi SISKOHAT di Kemenag Kabupaten Cirebon sudah sesuai dengan PMA Nomor 29 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler hal ini dibuktikan dengan keserasian prosedur pendaftaran, pelimpahan porsi dan pembatalan yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Cirebon dengan aturan yang terdapat PMA itu sendiri. Kata Kunci; Implementasi, Kualitas Pelayanan, Pendukung, Penghambat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:45
Last Modified: 30 Aug 2023 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11735

Actions (login required)

View Item View Item