PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN KOTA CIREBON

KARMILA DWI SUSANTI, (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img]
Preview
Text
1908107025_1_cover.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107025_2_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107025_6_bab5.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107025_7_dafpus.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh para siswa yang merasa bosan ketika melaksanakan proses pembelajaran Matematika yang membuat siswa kurang minat dalam belajar selama pembelajaran Matematika berlangsung. Hal ini membuat siswa cenderung diam saja, sibuk dengan temannya sendiri seperti mengobrol dan bergurau. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MIN Kota Cirebon. Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menggunakan masalah sebagai langkah awal untuk menghasilkan suatu proyek, karena model pembelajaran ini melibatkan minat belajar siswa, melalui kegiatan membuat proyek jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MIN Kota Cirebon (2) mengetahui minat belajar siswa kelas IV yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Matematika di MIN Kota Cirebon (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap minat belajar siswa kelas IV Learning pada mata pelajaran Matematika di MIN Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Grup Design.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 2 kelas di MIN Kota Cirebon yang berjumlah 54 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Matematika di MIN Kota Cirebon dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru memperoleh skor 86,66% dihari pertama, 80% dihari kedua, 100% dihari ketiga, dan 100% dihari keempat dan termasuk kategori baik. Terjadi peningkatan dalam minat belajar siswa dengan hasil grafik nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,1 lebih tinggi dari hasil grafik nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 61,03 dan termasuk kategori baik. Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MIN Kota Cirebon yaitu dengan nilai Sig. (2-tailed) senilai 0.000 < 0.05, ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MIN Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:38
Last Modified: 31 Aug 2023 01:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item View Item