SIVA RIPANI FAUZIA, (2023) ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MIS ISLAMIYAH KENDAL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.
|
Text
1908107042_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908107042_2_bab1.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
1908107042_6_bab5.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
1908107042_7_dafpus.pdf Download (514kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program Asesmen Kompetensi Minimum di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon. Pelaksanaan tersebut belum terlaksana secara optimal karena kurangnya pemahaman guru mengenai program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi yang terjadi dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MIS Islamiyah Kendal (3) Mendeskripsian hasil peningkatan kualitas pendidikan di MIS Islamiyah Kendal jika dilihat dari Standar Kelulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis datanya yaitu ereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan (1) MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon telah melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara mandiri (2) Kendala dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu tidak adanya ruang komputer, kurangnya media mengenai penguatan literasi membaca dan numerasi, Guru kelas V belum memahami terkait program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengadakan program pojok baca di kelas, mengadakan program gerakan literasi sekolah dan guru dapat megikuti bimtek atau diklat sebagai tahap persiapan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) (3) Hasil Asesmen Kompetensi Minimum di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon masuk kedalam kategori peringkat bawah dari standar penilaian yang telah ditetapkan. Capaian siswa pada kompetensi literasi membaca masuk kedalam peringkat menengah bawah yaitu 41-60%. Sedangkan hasil capaian numerasi masuk kedalam peringkat paling bawah yaitu 81-100%. Hasil tersebut sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Maka pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di MIS Islamiyah Kendal Kabupaten Cirebon belum terlaksana secara optimal, serta harus dilakukan perbaikan sistem pembelajaran di kelas dengan mengkaitkan beberapa program untuk meningkatkan literasi dan numerasi. Kata kunci: Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Kualita
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 01:44 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 01:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11761 |
Actions (login required)
View Item |