PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

MAULIDAH RIZKIYA, (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img]
Preview
Text
1908107080_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107080_2_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107080_6_bab5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107080_7_dafpus.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan mengenai konsentrasi belajar dimana pada materi mata pelajaran fiqih yang sedang dijelaskan oleh guru, yaitu kondisi kelas V-A kurang kondusif akibat adanya siswa yang mengantuk, mengobrol serta fokus pandangan siswa yang tidak selalu tertuju pada guru yang sedang menjelaskan dan sehingga perhatiannya tidak pada materi yang sedang dipelajari. Hal ini membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti mengadakan lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Lingkungan belajar ialah suatu tempat (kondisi) baik kondisi fisik psikologi, maupun budaya yang mempengaruhi proses perubahan perilaku manusia dalam bidang pendidikan terutama guru dan peserta didik sebagai ujung tombak proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keadaan lingkungan belajar di kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon (2) mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas V di MI Salafiyah Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan desain penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh karena mengambil seluruh populasi yaitu siswa kelas VA di MI Saalfiyah Kota Cirebon yang berjumlah 27 siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dan uji-t. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa lingkungan belajar di kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon dengan mengunakan angket memperoleh persentase sebesar 71,06% dan termasuk kedalam kategori kuat. Jumlah siswa yang lingkungan belajarnya termasuk ke dalam kategroti tinggi sebanyak 14 (51,85%), yang termasuk kedalam kategori sedang sebanyak 0 (0%), dan yang termasuk kedalam kategori rendah sebanyak 13 (48,15%). Konsentrasi belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon dengan mengunakan angket memperoleh persentase sebesar 59,35% dan termasuk kedalam kategori cukup kuat. Jumlah siswa yang konsentrasi belajarnya termasuk kedalam kategori tinggi sebanyak 15 (55,55%), yang termasuk ke dalam kategori sedang sebanyak 2 (7,41%), dan yang termasuk kedalam kategori rendah sebanyak 10 (37,04%). Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. yaitu dengan nilai Sig. 0,043 < 0,050 dan nilai thitung > ttabel (2,131 > 2,05553), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun besar pengaruh lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar sebesar 15,4% dengan kategori rendah. Dapat diprediksi jika lingkungan belajar nyaman maka akan berkontribusi untuk meningkatkan konsentrasi belajar sebesar 65,1% demikian juga sebaliknya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:32
Last Modified: 13 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item