PENGARUH MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Hikmah Agustin, (2023) PENGARUH MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img]
Preview
Text
1908107143_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107143_2_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107143_6_bab5.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908107143_7_dafpus.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampikan berkomunikasi tulisan siswa khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Guru tidak menerapkan model pembelajaran yang bervariatif dan belum menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, oleh sebab itu siswa belum memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (RADEC) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa di kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Terdapat 56 siswa dimana kelas V-B dengan jumlah 33 siswa, seluruhnya siswa perempuan, sedangkan kelas V-C dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari laki-laki 13 siswa dan perempuan 10 siswa. Model Read, Answer, Discuss, Explain, And Create. (RADEC) nama model pembelajaran disesuaikan dengan sintaks pembelajarannya agar mudah diingat urutan implementasinya, model ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang mendorong siswa menguasai kompetensi dan keterampilan abad 21, salah satunya keterampilan berkomunikasi. Keterampilan berkomunikasi siswa sangat penting dalam proses pembelajaran karena berkomunikasi dengan memiliki komunikasi yang baik siswa akan lebih mudah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif, untuk menganalisis data pre�test dan post-test . hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa penerapan model RADEC memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Hasil penelitian ini adalah guru dapat mengaplikasikan model RADEC dengan sangat baik. Keterampilan berkomunikasi siswa kelas 5 MI Salafiyah mengalami peningkatan sehingga siswa memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, dan terdapat pengaruh pada penerapan model Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (RADEC) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:34
Last Modified: 13 Nov 2023 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11770

Actions (login required)

View Item View Item