SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON

Sya’adatul Fitriyah., (2023) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109047_1_cover.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109047_2_bab1.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109047_6_bab5.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109047_7_dafpus.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Pembinaan kinerja guru dilakukan agar guru mampu bekerja dengan penuh tanggung jawab, efektif, efisien, semangat, penuh inisiatif, penuh kegembiraan teliti, suka bekerja sama dengan tim, ulet, tabah dan tidak pernah datang terlambat. Permasalahan yang penulis dapat dari lapangan adalah pengkondisian kelas dan tindak lanjut dari evaluasi pembelajaran. Apabila kinerja guru tersebut menurun dan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui supervisi akademik kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon (2) untuk mengetahui pembinaan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon (3) untuk mengetahui hambatan dan solusi pada supervisi akademik kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon belum dikatakan baik, karena dilihat dari segi proses kegiatan supervisi yang jarang dilakukan, yaitu dua kali dalam kurun waktu satu tahun, terdapat di semester pertama dan di semester kedua. Proses supervisi kepala sekolah yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) Pembinaan kinerja guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon belum dikatakan baik. Dilihat dari pengawasan, bimbingan, arahan, dan penilaian kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah jarang dilakukan, itupun kalau ada kesalahan guru yang fatal baru rutin pembinaan. Kalau pembinaannya rutin dilakukan, para guru akan menyadari kesalahan mereka sehingga kinerja mereka di madrasah tersebut bisa terarah secara baik (3) Hambatan dan solusi pada supervisi akademik kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah GUPPI Kota Cirebon ini yaitu pengkondisian kelas dan tindak lanjut dari evaluasi pembelajaran. Solusinya yaitu dengan cara musyawarah dan mufakat bersama melalui face to face/rapat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:28
Last Modified: 13 Nov 2023 06:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11779

Actions (login required)

View Item View Item