STRATEGI MENUMBUHKAN MINAT BACA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BULAKAMBA BREBES

Dhea Denti Utami, (2023) STRATEGI MENUMBUHKAN MINAT BACA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BULAKAMBA BREBES. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109074_1_cover.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109074_2_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109074_6_bab5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109074_7_dafpus.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pada pasca pandemi Covid-19 ini mengakibatkan banyak masalah dalam kegiatan proses belajar mengajar salah satunya terhadap aktivitas membaca, rendahnya minat membaca peserta didik sehingga membuat program literasi di sekolah tidak berjalan dengan baik. Rendahnya keterampilan tersebut membuktikan bahwa proses pendidikan belum mengembangkan kompetensi dan minat membaca peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pasca Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Bulakamba Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data Penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan sekolah dalam menumbuhkan minat baca pasca pandemi Covid-19 yaitu dengan melalui kegiatan literasi yang dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung dalam waktu 15 menit, melalui literasi digital, guru memberikan pemahaman mengenai pentingnya membaca, dan mengadakan kegiatan pengembangan literasi lain. Adapun strategi yang dilakukan perpustakaan yaitu memilih bahan yang menarik untuk pengunjung perpustakaan, penataan koleksi yang menarik, perpustakaan dikelola dengan baik agar pengguna merasa betah dan sering berkunjung di perpustakaan, memberikan kesadaran kepada siswa bahwa membaca penting dalam kehidupan terutama dalam mencapai keberhasilan sekolah, dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan bahan bacaan. Setelah adanya strategi, sekolah mengalami peningkatan mengenai minat baca peserta didik itu sendiri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:30
Last Modified: 13 Nov 2023 06:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item