ENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA PUTRA BUNTET PESANTREN CIREBON

Gea Indah Istihara, (2023) ENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA PUTRA BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109085_1_cover.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109085_2_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109085_6_bab5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109085_7_dafpus.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah merupakan pemimpin yang memengaruhi guru dalam melakukan tugasnya dengan landasan tujuan madrasah harus tercapai. Pencapaian tujuan tersebut membutuhkan kepala madarasah karismatik, visioner, memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, inspirasional, dan dapat membuat stimulus intelekual, serta memberikan tantangan dan dukungan. Penelitian ini membahas tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan kinerja guru. Dengan tujuan untuk mengetahui (1) seberapa baik gaya kepemimpinan transformasional (2) seberapa baik kinerja guru, dan (3) seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Putra Buntet Pesantren Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, melalui teknik statistika, rumus korelasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 42 guru dengan menggunakan teknik sampel sensus atau sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan diperoleh sebesar 87,6% dengan kriteria sangat kuat sedangkan kinerja guru diperoleh sebesar 86,3% dengan kriteria sangat kuat. Selanjutnya nilai rhitung diperoleh sebesar 0,65 dan rtabel 0,30 dari distribusi nilai df 40 dengan taraf 0,05. Sedangkan pengaruh gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 42,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:21
Last Modified: 13 Nov 2023 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item