PENERAPAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Muhammad Tria Azhana, (2023) PENERAPAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109110_1_cover.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109110_2_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109110_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109110_7_dafpus.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis digital merupakan inovasi untuk mengimbangi perkembangan zaman, namun sistem pembelajaran berbasis digital ini tentunya membutuhkan pengelolaan yang baik, tentunya dengan menjalankan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Perencanaan penerapan pengelolaan pembelajaran berbasis digital di Madrasah Tsanawiyah Al�Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan adanya program seperti menggunakan media digital dalam menyampaikan materi pembelajaran.2). Pengorganisasian yang baik dilakukan kepala sekolah, kepala sekolah membagi tugas kepada seluruh wakil kepala sekolah dan guru sesuai dengan kemampuanya.3). Pelaksanan berjalan dengan baik hanya saja adanya ketidak merataan siswa dalam memahami media digital, respon siswa juga sangat baik dan membuat suasana belajar menjadi lebih hidup.4). kepala sekolah untuk memastikan seluruh perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan berjalan dengan baik, selain itu guru juga selalu mengawasi bagaimana perkembangan siswa setelah melaksanakan pembelajaran berbasis digital.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:23
Last Modified: 13 Nov 2023 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item