EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH BODE KEC. PLUMBON KAB. CIREBON

Markhamatul Aeni, (2023) EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH BODE KEC. PLUMBON KAB. CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109138_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109138_2_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109138_6_bab5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109138_7_dafpus.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini pelaksanaan supervisi kepala sekolah di MTs Salafiyah Bode masih mengalami permasalahan yakni padatnya kegiatan kepala sekolah sehingga dapat menghambat proses supervisi, kesibukan pimpinan sekolah dengan tenaga pendidik, serta pada bagian kurikulum sendiri adalah kurangnya arahan secara langsung mengenai perintisan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Salafiyah Bode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas supervisi kepala sekolah di MTs Salafiyah Bode dapat dilihat dengan adanya kepala sekolah yang memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan agar mutu pembelajaran dapat menjadi lebih baik. Adapun kendala-kendala supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan diantaranya terjadinya miskomunikasi antara pihak yang melakukan supervisi dan pihak yang di supervisi, kepala sekolah yang terkadang jarang mengontrol dikarenakan ada kesibukan lainnya, masih kurangnya arahan yang disampaikan oleh supervisor terhadap guru, begitu juga dengan wakabid kurikulum yang akan merintis kurikulum baru yakni kurikulum merdeka. Strategi untuk mengaasi kendala-kendala tersebut dapat dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap keaktifan guru dengan cara melihat guru yang sedang belajar di dalam mengajar di dalam kelas, melakukan pembinaan setiap tahunnya. Selain itu strategi yang dapat dilakukan adalah peningkatan kualitas guru, peningkatan prestasi siswa baik prestasi akademik maupun non akademik, peningkatan prestasi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, kemudian peningkatan sarana dan prasarana.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:58
Last Modified: 31 Aug 2023 03:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item