STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI KOMPETENSI LULUSAN DI LEMBAGA PELATIHAN KERJA (LPK) CIREMAI FUJI INDONESIA CIREBON

DIASZ JANUAR ANUGRAH, (2023) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI KOMPETENSI LULUSAN DI LEMBAGA PELATIHAN KERJA (LPK) CIREMAI FUJI INDONESIA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109140_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109140_2_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109140_6_bab5.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109140_7_dafpus.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul tentang : Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kompetensi Lulusan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Ciremai Fuji Indoesia Cirebon. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya citra lembaga pendidikan swasta atau bisa disebut juga lembaga pelatihan kerja yang terlihat di kalangan masyarakat, karena adanya peningkatan lembaga dalam hal mutu lulusannya. Sehingga adanya proses strategi peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh seluruh warga yang ada di lembaga tersebut. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu; (1) Bagaimana strategi peningkatan mutu pendidikan di lembaga pelatihan kerja Ciremai Fuji Indonesia? (2) Bagaimana peran pimpinan dalam menjalakan Manajemen Mutu Pendidikan pada Lembaga Pelatihan Kerja Ciremai Fuji Indonesia? (3) Bagaimana standar kompetensi lulusan lembaga pelatihan kerja Ciremai Fuji Indonesia?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis menggunakan bebera- pa tahapan yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Strategi peningkatan mutu pendidikan, yaitu menyiapkan penyusunan krurikulum,penggunaan metode pembelajaran yang efektif,kualitas intruktur yang unggul, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pemantauan dan evaluasi yang rutin, kolaborasi dengan industri, peningkatan fasilitas dan sumber daya dan layanan bimbingan karir, (2) peran pimpinan LPK dalam menjalankan mutu pendidikan yaitu dengan menetapkan misi dan tujuan, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, membangun dan memelihara budaya mutu, mengelola sumber daya, memantau dan mengevaluasi, mendorong perbaikan berkelanjutan, dan mengembangkan (3) Evaluasi, penilaian program dengan murid setiap seminggu sekali, lalu selalu diadakannya rapat bulanan dan mingguan dengan para tutor, Dan adanya dokumen sertifikat yang didalamnya terdapat nilai perkembangan karakter murid selama enam bulan atau delapa bulan dan untuk menilai kompetensi lulusan nya itu dari pengetahuan ketrampilan teknis, keterampilan praktis, keterampilan soft skills, pengetahun industri, etika profesional dan pemahaman konteks global.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:01
Last Modified: 31 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11805

Actions (login required)

View Item View Item