PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA KARYA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON

Nursofi, (2023) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA KARYA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110014_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110014_2_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110014_6_bab5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110014_7_dafpus.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Keterampilan menulis teks berita bertujuan untuk meningkatkan aspek komunikatif dan produktif. Salah satu faktor yang melatarbelakangi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks berita, yaitu rendahnya minat baca siswa untuk mengikuti pelajaran bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks berita sehingga menyebabkan siswa kurang mampu memahami bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar dengan memperhatikan enam unsur berita. Permasalahan yang muncul yaitu kemampuan menulis terjadi pada siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks berita karya siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan ialah desain korelasional, yaitu untuk mengetahui suatu hubungan variabel bebas (minat baca) dengan variabel terikat (keterampilan menulis teks berita). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon berjumlah 38 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan yaitu 17 siswa dari kelas VIII A. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik tes esai. Instrumen penelitian berupa lembar angket minat baca dan tes esai keterampilan menulis teks berita. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) minat baca siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon tergolong kuat atau positif, dengan memperoleh presentase 71,71%, (2) keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon memperoleh presentase rata-rata 48,50%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 0,342 > 2,028. Artinya bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Adapun nilai p-value (sig.t) 0,734 dengan nilai α (derajat signifikansi) 0,05 artinya 0,734 > 0,05 atau terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap keterampilan menulis teks berita karya siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Hasil perhitungan tersebut menjelaskan bahwa minat baca dengan keterampilan menulis teks berita bersifat signifikan antara minat baca terhadap keterampilan menulis teks berita karya siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Selain itu, diketahui bahwa hasil korelasi senilai 0,57. Nilai korelasi tersebut di antara 0,40 sampai dengan 0,599, maka hubungannya sedang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:30
Last Modified: 01 Sep 2023 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item