Aulia Rahmayanti, (2023) STRUKTUR TEKS CERITA FANTASI KARYA SISWA KELAS VII SMPN 18 KOTA CIREBON DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908110026_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908110026_2_bab1.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
1908110026_6_bab5.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
1908110026_7_dafpus.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa yang dinilai belum mampu memahami struktur dan kaidah teks cerita fantasi dengan baik sehingga mengakibatkannya mengalami kesulitan dalam memproduksi teks tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita fantasi karya siswa kelas VII D SMPN 18 Kota Cirebon, menguraikan faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa ketika menulis serta mengembangkan instrumen penilaiannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner (angket). Sementara itu, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar soal tes dan pedoman angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ortografi. Data disajikan dengan menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 14 siswa mampu menyajikan struktur teks cerita fantasi yang sesuai dengan kriteria penilaian. Namun, 8 siswa lainnya tidak menyajikan struktur yang sesuai dengan kriteria penilaian, bahkan 2 di antaranya tidak menyajikan komplikasi dan resolusi. Selanjutnya, mayoritas siswa mampu mengaplikasikan kaidah kebahasaan teks cerita fantasi dengan baik. Berikutnya, kesulitan yang paling dominan dialami siswa berdasarkan tes menulis cerita fantasi ialah pemilihan diksi. Sementara itu, faktor internal yang paling memengaruhi kesulitan siswa berdasarkan hasil angket ialah pengetahuan siswa mengenai konsep cerita fantasi, khususnya mengenai majas sarkasme. Di samping itu, kesulitan siswa yang berasal dari faktor eksternal ialah gangguan konsentrasi dan publikasi karya yang dipengaruhi oleh faktor percaya diri siswa dan rasa takut membuat kesalahan dalam menulis karena takut mendapat kritik yang bersifat ejekan. Sementara itu, instrumen penilaian berupa pilihan ganda berjumlah 15 soal dengan memperhatikan Kompetensi Dasar (KD) 4.4 dan Indikator Pencapaian Kompetensi dalam menulis teks cerita fantasi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 05:55 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 05:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11836 |
Actions (login required)
View Item |