PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GEMPOL

Anita., (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GEMPOL. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110027_1_cover.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110027_2_bab1.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110027_6_bab5.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110027_7_dafpus.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelumnya ternyata dari 57 siswa kelas VII menunjukkan bahwa 42 siswa masih mengalami kesulitan menulis paragraf deskripsi yakni ketika diberi tugas oleh gurunya 42 siswa tersebut mendapatkan nilai dibawah KKM dengan presentase (74%). Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Serta, memberikan motivasi untuk mulai menulis paragraf deskripsi secara tepat dan baik. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian (pre-ekperimental design). Metode ini digunakan guna mengetahui pengaruh perlakuan pada kondisi yang dikendalikan. One Group Pretest Post-test Design termasuk desain penelitian eksperimen yang akan diteliti hanya berfokus satu kelompok saja. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon sebelum menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berada pada kategori Kurang. Setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan kategori Cukup. Hasil ini dikonfirmasi dengan statistik hitung dimana nilai rata-rata pretest sebelum diberikan perlakuan (Treatment) sebesar 53,07 poin dan sesudah diberi perlakuan menjadi 78,44 poin. Maka keputusan yang diambil adalah H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai sebelum (pretest) dan sesudah (post-test).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 05:58
Last Modified: 01 Sep 2023 05:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item