KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 ASTANAJAPURA

Desi Ratnasari, (2023) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 ASTANAJAPURA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110043_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110043_2_bab1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110043_6_bab5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110043_7_dafpus.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang adanya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, masih menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga pembelajaran berpusat pada guru, peserta didik kurang aktif pada proses pembelajaran dan lamanya waktu pembelajaran bahasa Indonesia, 4 x 45 menit dalam setiap pertemuan sehingga peserta didik menjadi bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar teks negosiasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Astanajapura. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif. Rentang waktu penelitian mulai dari tahap persiapan sampai pelaporan hasil penelitian dilakukan yakni mulai bulan September 2022 sampai Juni 2023. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura yang terdiri atas 10 kelas dengan sampel sebanyak 71 orang. Instrument yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 61,42 sedangkan posttest 80,28. Nilai rata-rata pretets kelas kontrol 61,38 sedangkan posttest 73,88. Terdapat perbedaan hasil dari kelas eksperimen dan kontrol. Kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan media video pembelajaran hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak diberi perlakuan atau menggunakan metode ceramah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:14
Last Modified: 13 Nov 2023 06:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item