KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM HOPE MENGGUNAKAN PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN DRAMA DI SMA KELAS XI

Ayu Intan Sari., (2023) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM HOPE MENGGUNAKAN PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN DRAMA DI SMA KELAS XI. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110054_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110054_2_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110054_6_bab5.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110054_7_dafpus.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Kasus kekerasan seksual dapat mengakibatkan kondisi psikologis korban terganggu. Salah satu film terbaik yang mengangkat kisah nyata tentang kekerasan seksual yaitu berjudul Hope tahun 2013. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konflik batin tokoh So Won dalam film Hope tahun 2013 berdasarkan teori kebutuhan bertingkat menurut Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data menggunakan metode telaah perwatakan dengan teknik showing. Dari hasil analisis didapatkan simpulan bahwa kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi oleh tokoh So Won sebagian besar terjadi karena faktor keadaan dan peristiwa buruk yang telah menimpanya. Hal itu yang mengakibatkan munculnya konflik batin, sehingga kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi. Dari hasil pengumpulan data, didapatkan sebanyak 78 konflik batin yang dialami tokoh So Won berdasarkan teori kebutuhan menurut Maslow yaitu: (a) kebutuhan fisiologis terdapat 12 data, (b) kebutuhan rasa aman terdapat 35 data, (c) kebutuhan rasa memiliki dan cinta terdapat 13 data, (d) kebutuhan penghargaan terdapat 8 data, dan (e) kebutuhan aktualisasi diri terdapat 15 data. Beberapa dari data tersebut masuk ke dalam lebih dari satu kategori. Penelitian ini bermanfaat sebagai khazanah keilmuan dan referensi bagi penulis lain untuk penelitian yang searah. Kebermanfaatan penelitian ini dapat diambil dan diterima bagi siswa, guru, penonton, penulis drama (skenario), dan penulis lainnya. Produk pemanfaatan dari hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran Bahasa Indonesia materi drama dengan Kompetensi Dasar 3.34. menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. Modul ini ditujukan untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK kelas XI semester satu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:01
Last Modified: 01 Sep 2023 07:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item