Alfiah, (2023) PENGARUH REFLEKSI PADA MATERI CERITA PENDEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PLERED. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908110070_1_cover.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
1908110070_2_bab1.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
1908110070_6_bab5.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
1908110070_7_dafpus.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain dari pengetahuan dalam penguasaan materi guru juga harus mampu memberikan metode yang bervariasi guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini, motivasi belajar siswa masih tergolong rendah sehingga siswa masih kurang bersemangat dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini merupakan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Meningkatnya motivasi belajar siswa akan memberikan peningkatan terhadap semangat dan hasil belajar siswa juga. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan melakukan refleksi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh refleksi pembelajaran materi cerita pendek terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Plered dengan analisis data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya berdasarkan data real dari lapangan. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis statistik korelasi product moment. Pengambilan sampel menggunakan purpose random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Hipotesis penelitian ini adalah “Ada Pengaruh refleksi pembelajaran pada materi cerita pendek terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Plered”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Plered dengan sampel penelitian kelas IX I yang berjumlah 30 siswa . Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh refleksi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Plered sebesar 0,954%. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima pada taraf 5% karena koefisien korelasi rhitung > rtabel yaitu 0,954 > 0,361 artinya semakin sering dilaksanakanya refleksi pembelajaran, maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat. Berdasarkan uji normalitas data variabel X (refleksi pembelajaran) terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,236 dan pada variabel Y (motivasi belajar siswa) menunjukkan nilai signifikasi 0,269 keduanya berada di atas 0,05 maka data berditrbusi normal. Pada analisis hasil uji homogenitas nilai Levene statistic 0,325 atau lebih besar dari nilai tabel, F tabel yang dihitung pada derajat bebas pembilang (df1 pembilang) sebesar 1 dan derajat bebas penyebut (df2 penyebut) sebesar 58, serta nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,325 maka data kedua variabel memiliki kesamaan varian sampel dari populasi yang sama, dan dapat dinyatakan homogen.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11846 |
Actions (login required)
View Item |