Manajemen Yayasan Ananda Mandiri Dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pendidik Anak Usia Dini Di Desa Slawi Kulon Tegal

Toto Wargono, (2020) Manajemen Yayasan Ananda Mandiri Dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pendidik Anak Usia Dini Di Desa Slawi Kulon Tegal. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAPUS.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Ada sesuatu hal yang sangat menarik untuk diteliti, berkaitan dengan susunan kepengurusan Yayasan dimana sebagian pengurusnya berlatar belakang bukan dari dunia Pendidikan, akan tetapi dalam pengelolaannya bisa dikatakan hasilnya sangat memuaskan atau berhasil meraih kepercayaan Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan anak usia dini di Desa Slawi Kulon Kabupaten Tegal. Fokus Penelitian ini adalah pada 1) Bagaimana Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan Anak Usia dini, 2). Apa Faktor Pendukung dan Penghambatnya, 3). Bagaimana Manajemen Pembelajaran dan Konten Ajar yang dilakukan serta diberikan di Layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data ini menggunakan metode : 1) Observasi, 2). Wawancara, dan 3). Dokumentasi. Analisis Data ini menggunakan model Miles & Huberman, yaitu data yang terkumpul dan sudah dicek keabsahannya, dianalisis dengan cara : 1). Reduksi data, 2). Penyajian data dan 3). Kesimpulan. Hasil penelitian dan Pembahasan ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1). Keberhasilan Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan anak usia dini di desa Slawi Kulon Tegal adalah sebagai berikut : untuk Kuantitasnya meliputi Pembelajaran Berbasis Perkembangan, Pembelajaran Berbasis Sentra, Model Pembelajaran, Prosedur Pembelajaran. Sedangkan Kualitasnya meliputi Pendidikan Anak Usia Dini ini meliputi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidik/Guru, Pembelajaran Peserta didik, dan Administrasi Manajemen. (2). Mampu Menangani Faktor Pendukung dan Penghambat Yayasan Ananda Mandiri Slawi Tegal seperti adanya tujuan, Peningkatan Kualitas Para Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik / Kependidikan, Peserta Didik, Sumber Daya Lainnya dan Lingkungan. (3). Hasil Pembelajaran dan Konten Ajar yang diberikan di Pendidikan Anak Usia Dini di Slawi Kulon Tegal, dibagi menjadi 2 bagian yaitu Untuk TPA/KB adalah Sentra Alam Cair, Sentra Pembangunan, sentra persiapan, sentra peran makro dan peran mikro, dan sentra agama. Sedangkan untuk TK adalah Spiritual, Interpersonal, Intrapersonal, Linguistik, Naturalis, Kinestetik, Musikal, Logika Matematika, Visual Spatial dan Muatan Lokal. Kata Kunci : Yayasan, Kuantitas dan Kualitas, Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen, Mutu Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:21
Last Modified: 27 May 2024 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item