Implementasi Kurikulum Terpadu Untuk Membentuk Kesalehan Sosial Peserta Didik (Studi di MI Al Ihsan Karas Magetan Jawa Timur)

Afif Gita Fauzi, (2023) Implementasi Kurikulum Terpadu Untuk Membentuk Kesalehan Sosial Peserta Didik (Studi di MI Al Ihsan Karas Magetan Jawa Timur). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU UNTUK MEMBENTUK KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi di MI AL IHSAN Karas Magetan Jawa Timur) Afif Gita Fauzi Penyimpangan akhlak yang melibatkan peserta didik merupakan ancaman yang semakin mengkhawatirkan. Sekolah dasar memiliki peran penting dalam pembangunan fondasi karakter individu. Kurikulum terpadu adalah dua atau lebih kurikulum yang disatukan dan diterapkan di suatu sekolah untuk memberikan pengalaman yang utuh kepada peserta didik. Penerapan kurikulum terpadu dalam kegiatan pembelajaran yang dipadukan dengan upaya pembentukan karakter akan membuat para peserta didik selain memiliki karakter yang baik, mereka juga memiliki akhlak yang baik. Adapun akhlak yang baik yang dimiliki para peserta didik disini yaitu sikap menghormati dan sikap sopan santun yang baik kepada gurunya, ustadz, ustadzah, maupun kyainya. Selain itu, para peserta didik juga memiliki sikap menghormati dan sopan santun kepada orang yang lebih tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan kurikulum terpadu di MI AL IHSAN Karas Magetan dan implementasinya dalam membentuk kesalehan sosial peserta didik serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, rancangan multi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), observasi (observation), dokumentasi (documentation). Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan kreadibilitas, transferabilitas, depentabilitas, dan konfirmabilitas. Dengan mengumpulan data melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa sistem kurikulum terpadu antara kurikulum yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), kurikulum yang berasal dari Kementrian Agama (Kemenag) dan kurikulum diniyah ciri khas dari MI AL IHSAN Karas Magetan itu sendiri. Dengan tiga kurikulum yang dipadukan, maka dapat membentuk karakter peserta didik, yaitu karakter yang religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, cinta tanah air atau nasionalisme, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab. Akhirnya, dari kajian ini, peneliti melihat tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan, khususnya dalam penelitian Implementasi Kurikulum Terpadu Untuk Membentuk Kesalehan Sosial Peserta Didik di Mi Al Ihsan Karas Magetan Jawa Timur. Sehingga peneliti berharap adanya koreksian dan masukan dari pembaca agar penelitian ini dapat mencapai tujuan dan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:57
Last Modified: 13 Mar 2024 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item