METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) DI STIKES MUHAMMADIYAH KUNINGAN

SAMIAJI, (2023) METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) DI STIKES MUHAMMADIYAH KUNINGAN. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Samiaji, Analisis Metodologi Pembelajaran Pendidikan Al Islam dan KeMuhammadiyahan (AIK) di STIKes Muhammadiyah Kuningan. Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa di seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah termasuk STIKes Muhammadiyah Kuningan. Mata kuliah AIK dirancang sebagai sarana pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan dan antara iman dan kemajuan yang holistik yaitu "Terbentuknya manusia pembelajar yang bertaqwa, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul dalam ipteks sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma’ruf nahi munkar". Mengingat pada Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan masih memiliki kekurangan dalam berbagai aspek antara lain: metodologi yang masih normatif, belum ada buku bahan ajar yang terstandarisasi dan masih mengandalkan kepada kompetensi dosen yang mengampu untuk mngambil rujukan bahan ajar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis metodologi pendidikan AIK yang ada di STIKes Muhammadiyah Kuningan guna mengemban amanah visi persyarikatan yang mencakup metodologi pembelajaran, proses pembelajaran serta implikasi yang dihasilkan daari pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Hasil peneliitian menunjukan (1) Metode pembelajaran Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di STIKes Muhammadiyah kuningan menggunakan metode modern dalam pembelajaran AIK sebagai metode yang dianggap efektif untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan mahasiswa sekarang, (2) Proses pembelajaran menggunakan metode student center melatih untuk menyadarkan diri mahasisiwa akan kebutuhannya terhadap ilmu dan dosen berperan sebagai fasilitator atau pengarah yang membantu mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka, (3) Implikasi dari pendidikan Al-Islam dan kemuhammadiyahan memiliki dampak positif bagi para mahasiswa, dimana sebagian besar mahasiswa menyatakan kebutuhan mereka sangat urgen terhadap pendidikan agama yang disajikan mata kuliah AIK. Kata kunci: Metodologi pendidikan AIK, perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah, STIKes Muhammadiyah Kuningan

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:44
Last Modified: 13 Mar 2024 03:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item