PENGARUH MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PAI DAN PRESTASI SISWA ( Studi Kasus di MA Terpadu Fathurrohmah Kersana)

Muhammad Abduh, (2023) PENGARUH MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PAI DAN PRESTASI SISWA ( Studi Kasus di MA Terpadu Fathurrohmah Kersana). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Muhammad Abduh. NIM 21086030045, Jurusan : Pendidikan Agama Islam. Judul Pengaruh Manajemen Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI dan Prestasi Siswa (Studi Kasus Di MA Terpadu Fathurrohmah) Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendiskripsikan Perencanaan dan pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah di MA Terpadu Fathurrohamah, 2) Menganalisis dampak supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di MA Terpadu Fathurrohmah, 3) Menganalisis dampak kinerja guru terhadap prestasi siswa di MA Terpadu Fathurrohmah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berupaya untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi pada saat penelitian dengan teknik pengumpulan data melalu observasi, wawancara, serta studi dokumen. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan uji pengaruh, reduksi data, data display, serta pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1). Penggunaan supervisi akademik di Madrasah Aliyah Fathurrohamah dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : a). mengadakan observasi di setiap kelas. b). Melaksanakan pertemuan individual dengan guru untuk menggali potensi masing-masing guru. c). menyediakan waktu pelayanan bagi guru dalam upaya pemecahan masalah akademik dan administrative. d). menyediakan dukungan dan suasana kondusif bagi guru dalam perbaikan dan peningkatan kinerja guru. e). Bekerja sama dengan guru untuk mengevaluasi hasil belajar. 2). Dampak dilaksanakannya supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru dapat terlihat dari Hasil pengujian analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa koefesien determinasi (R2) sebesar 0,969 atau 96,9%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 96,9% kinerja guru dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala sekolah. Sedangkan sisanya 3,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 3).Pengaruh antara kinerja guru terhadap prestasi siswa dapat terlihat Dari output hasil data di atas, dapat diketahui antara Kinerja guru PAI dengan Prestasi siswa (X2-Y) terdapat nilai r sebesar 0,606 yang menandakan adanya korelasi terhadap kedua variabel tersebut. Kata Kunci : Supervisi akademik, Kinerja Guru dan Prestasi Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:27
Last Modified: 13 Mar 2024 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item View Item