STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (SDUM Patrol Dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir, Indramayu-Jawa Barat)

HABIB ABDUR ROFI, H (2023) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (SDUM Patrol Dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir, Indramayu-Jawa Barat). Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Kebijakan mutu di SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir (2) Kondisi mutu di SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir (3) Strategi kepemimpinan kepala sekolah SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir dalam meningkatkan mutu sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti : perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lainnya, secaraholistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan SDUM Patrol memiliki beberapa program kebijakan mutu sekolah yaitu 1) meningkatkan kompetensi guru melalui seminar 2) kebijakan tata tertib 3) kebijakan bimbingan belajar dan hifdzhul qur’an 4) kebijakan bimbingan ekstrakulikuler. SDIT Al-Ishlah Sudimampir juga memiliki kebijakan mutu yaitu: 1) peningkatan kwalitas guru dan tenaga kependidikan melalui pelatihan 2) kebijakan program tata tertib 3) penerapan hasil metode belajar 4) kebijakan program jam tambahan bagi siswa berkebutuhan khusus. Penerapan mutu di sekolah SDUM Patrol dan SDIT Al-Ishlah Sudimampir juga sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Adapun strategi yang digunakan kepala sekolah SDUM Patrol yaitu (1) Meningkatkan kompetensi guru (2) Meningkatkan sarana dan prasarana (3) Melakukan pembinaan kerohanian kepada guru (4) Meningkatkan kesejahteraan guru (5) Menyusun program unggulan sekolah. Sedangkan strategi yang di lakukan kepala sekolah SDIT Al-Ishlah Sudimampir yaitu: (1) Melengkapi Sarana dan Prasarana Sekolah (2) Ekstrakulikuler Sekolah (3) Mengikuti lomba-lomba (5) Mengadakan Belajar Tambahan (6) Membuat program unggulan sekolah. Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:37
Last Modified: 29 Feb 2024 07:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item