Pengaruh Pendapatan, Pelayanan, dan Transparansi Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat Profesi Pada BAZNAS Kota Cirebon

Hani Qurrotul Aini, (2023) Pengaruh Pendapatan, Pelayanan, dan Transparansi Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat Profesi Pada BAZNAS Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204144_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204144_2_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204144_6_bab5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204144_7_dafpus.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Hani Qurrotul Aini. NIM 1908204144. Pengaruh Pendapatan, Pelayanan, dan Transparansi Terhadap Keputusan Muzaki Dalam Membayar Zakat Profesi Pada BAZNAS Kota Cirebon, Skripsi 2023. Salah satu isu utama yang selalu dihadapi oleh negara-negara yang sedang berkembang adalah isu ekonomi, termasuk Indonesia sebagai salah satu di antaranya. Permasalahan ekonomi seringkali berdampak negatif terhadap kehidupan sosial masyarakat, seperti kemiskinan dan pengangguran yang sering kali menimbulkan tindakan-tindakan kriminal. Salah satu tindakan yang dapat ditempuh dalam menjalankan peran pemerintah adalah menegakkan sistem zakat dengan mendirikan Badan Amil Zakat (BAZ). Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) adalah sebuah lembaga pemerintah yang berwenang dalam melaksanakan pengolahan penghimpunan dan pendistribusian dana zakat secara nasional di Indonesia. Peran zakat dalam ekonomi guna mencegah akumulasi kekayaan pada satu individu. Zakat sangat berpengaruh dalam mewujudkan keseimbangan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisi pengaruh faktor pendapatan, pelayanan, dan transaparansi terhadap keputusan muzaki profesi membayar zakat profesi melalui BAZNAS Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 93 muzaki zakat profesi. Sumber data yang digunakan adalah dengan sumber data primer dan sekunder. Data Primer didapatkan dengan penyebaran kuesioner. Uji analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh antar variabel pendapatan (X1), pelayanan (X2) dan transparansi (X3) dengan variabel keputusan muzaki (Y). Dapat dilihat dari hasil uji t variabel X1 diperoleh 0,05 > 0,000 dapat disimpulkan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzaki. Uji t pada variabel X2 diperoleh nilai Sig 0,05 > 0,006 dapat disimpulkan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzaki. Hasil Uji t terkait variabel X3 diperoleh nilai Sig 0,05 > 0,044 dapat disimpulkan bahwa transparansi berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzaki dalam membayar zakat profesi pada BAZNAS Kota Cirebon. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan diketahui bahwa pendapatan, pelayanan dan transparansi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzaki dengan nilai Sig yang diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa angka koefisien determinasi (R2) sebesar 0,528 atau 52,8%. Hal ini berarti bahwa variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 52,8% sedangkan sisanya sebesar 47,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Zakat Profesi, Pendapatan, Pelayanan, Transparansi dan Keputusan Muzaki.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:58
Last Modified: 15 Jan 2024 07:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item