PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DESA, PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (STUDI EMPIRIS PADA DESA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON)

LABIB MUHAMMAD, (2023) PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DESA, PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (STUDI EMPIRIS PADA DESA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON). Bachelor thesis, S1 Akuntansi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908205119_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205119_2_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205119_6_bab5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205119_7_dafpus.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

LABIB MUHAMMAD. NIM: 1908205119, “PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DESA, PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (STUDI EMPIRIS PADA DESA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON)” Berbagai permasalahan yang terjadi pada desa karena adanya tindak kecurangan yang dilakukan oleh aparatur desa, salah satunya adanya kasus korupsi. Hal ini tentu saja berakibat buruk terhadap desa dan masyarakat. karena pencegahan Fraud sangat penting diterapkan manajemen desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyajian laporan keuangan desa, pengendalian internal dan kompetensi sumber daya manusia terhadap pencegahan Fraud baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui survei yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sampel dengan menggunakan angket atau kuesioner sebagai alat ukur data. sampel dalam penelitian ini adalah aparatur desa yang terdapat pada 5 desa di kecamatan talun Cirebon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 aparatur desa dari masing-masing 5 desa tersebut. penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, uji F, dengan bantuan pengolahan data menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam penelitian ini menunjukan bahwa penyajian laporan keuangan Desa tidak berpengaruh secara parsial sebesar 1,061% terhadap Pencegahan Fraud pada Desa di Kecamatan Talun. (2) Dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian internal berpengaruh secara parsial sebesar 8,680% terhadap Pencegahan Fraud pada Desa di Kecamatan Talun. (3) kompetensi sumber daya manusia tidak berpengaruh secara parsial sebesar -0,610% terhadap Pencegahan Fraud pada Desa di Kecamatan Talun, (4) Penyajian Laporan Keuangan Desa, Pengendalian Internal dan Kompetensi Sumber Daya Manusia secara Simultan berpengaruh terhadap variabel pencegahan Fraud pada Desa di Kecamatan Talun sebesar 81,9%. Kata Kunci: Laporan keuangan desa, pengendalian internal, kompetensi, pencegahan fraud.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:32
Last Modified: 16 Jan 2024 07:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item