STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL SANTUN CIREBON PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH

Binti Sinta Nuriyah, (2023) STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL SANTUN CIREBON PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH. Bachelor thesis, S1- Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1708202131_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202131_2_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202131_6_bab5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708202131_7_dafpus.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Binti Sinta Nuriyah. NIM : 1708202131, “STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL SANTUN CIREBON PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH”, 2023 Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis syariah yang merambah ke sektor life style dalam hal ini adalah bisnis perhotelan. Berkembangnya bisnis hotel syariah ini sebagai penunjang pariwisata di Indonesia yang tidak hanya berorientasi pada komersil tetapi juga selalu menjunjung tinggi nilai luhur agama Islam. Dalam pemasarannya harus memiliki strategi agar pencapaian target berjalan efektif dan efisien. Strategi pemasaran erat kaitannya dengan manajemen, apabila strategi pemasaran di bawah standar maka dapat mempengaruhi kualitas pelayanan dan daya tarik menginap konsumen. Beberapa strategi diperlukan untuk meningkatkan minat masyarakat, Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang menyeluruh, terpadu di bidang pemasaran yang memberikan pedoman tentang kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Strategi ini digunakan untuk menarik konsumen agar menggunakan produk dan jasa perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Pada Hotel Santun Cirebon Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah, mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam pengembangan hotel santun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan konsep strategi pemasaran yang sesuai dengan syariah meliputi variabel Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promisi (Promotion), Manusia (People), Proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical Evidence) yang telah disesuaikan dengan aturan-aturan syariah, penelitian ini juga sebagai pedoman bagi para pelaku bisnis yang menjalankan bisnis hotel Syariah sesuai syariat Islam. Sehingga konsep dari strategi pemasaran syariah ini memiliki perbedaan dengan strategi pemasaran pada umumnya karena telah diselaraskan dengan prinsip-prinsip Syariah. Hasil dari pengembangan analisis SWOT : kekuatan (S) Lokasi strategis, Makanan dan minuman halal, Harga terjangkau, Pelayanan prima dan sesuai syri’ah, Bermitra dengan pon.pes Al-bahjah. Kelemahan (W) Kurangnya SDM yang berkuliatas, Belum memiliki sertifikat sebagai hotel syariah dari MUI, Tidak memiliki fasilitas hiburan. Peluang (O) Perkembangan ekonomi, politik, sosial dan budaya, Potensi pasar, Konsep syariah memberikan. Ancaman (T) Maraknya akomodasi harian dan bulanan yang harga nya lebih terjangkau, Strategi promosi yang kerapa dilakukan di hotel lain, Hotel konvensional memberikan fasilitas dan layanan lebih bagus. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Hotel, Hukum Ekonomi Syari’ah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:44
Last Modified: 19 Jan 2024 01:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item