TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM GARANSI DALAM PEMBELIAN PRODUK FASHION MUSLIMAH SECARA ONLINE PADA ELZATTA CABANG KOTA CIREBON

ANIS WIDYA, A (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM GARANSI DALAM PEMBELIAN PRODUK FASHION MUSLIMAH SECARA ONLINE PADA ELZATTA CABANG KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202015_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202015_2_bab1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202015_6_bab5.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202015_7_dafpus.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

ANIS WIDYA. NIM: 1908202015, “TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM GARANSI DALAM PEMBELIAN PRODUK FASHION MUSLIMAH SECARA ONLINE PADA ELZATTA CABANG KOTA CIREBON”. Dalam era globalisasi beranekaragam bentuk transaksi bisnis yang semakin bervariasi salah satunya media komunikasi online. Karakteristik bisnis online dikategorikan menjadi 3 hal, yaitu adanya transaksi antara kedua belah pihak, adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi, dan internet merupakan media utama dalam mekanisme akad. Sebagai konsumen menginginkan barang yang sesuai dengan kualitas keinginan dan kemampuannya. Dalam hal ini, produsen memberikan penawaran yang menarik dari produk yang dijual dengan pelayanan terbaik dan memberikan garansi dengan begitu hak-hak konsumen akan terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem garansi dalam pembelian produk fashion muslimah secara online oleh Elzatta cabang Kota Cirebon menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap sistem garansi pembelian produk fashion muslimah secara online pada Elzatta cabang Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari Elzatta cabang Kota Cirebon, dan sumber data sekunder berasal dari literatur dan dokumentasi seperti buku-buku, jurnal dan lainnya. Kemudian dianalisis dengan metode dekriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pertama pada pelaksanaan sistem garansi dalam pembelian produk fashion muslimah secara online yang disediakan Elzatta cabang Kota Cirebon jika ditinjau dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen telah sesuai, karena pada praktiknya Elzatta bertanggung jawab jika terjadi kesalahan yang berasal dari toko dan menerima pengembalian dalam bentuk barang atau bentuk dana atas produk yang dibelinya. Kedua, pelaksanaan sistem garansi secara online pada Elzatta cabang Kota Cirebon ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah terdapat keterkaitan dengan beberapa khiyar yaitu khiyar syarat, khiyar‟aib, dan khiyar ru‟yah. Dalam khiyar syarat terdapat pada Pasal 271 dan Pasal 272 telah sesuai. Dalam khiyar‟aib terdapat pada Pasal 280, Pasal 285, Pasal 281 ayat 3, dan Pasal 279 telah sesuai sedangkan dalam Pasal 281 ayat 4 tidak sesuai karena tidak ada yang mengatakan bahwa penyelesaian sengketa melalui Pengadilan. Dalam khiyar ru‟yah menurut Pasal 276 telah sesuai, yang mana pihak toko hanya memberikan contoh produknya hanya pada marketplace tersebut dan pembeli hanya dapat melihat dari gambar dan video saja. Kata Kunci: Garansi, Elzatta, Hukum Ekonomi Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:00
Last Modified: 30 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item View Item