STRATEGI BIMBINGAN MANASIK UMRAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CALON JAMAAH UMRAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi kasus PT. Sahabat Hijrah Indonesia Kab. Subang)

Dina Fauziah, D (2023) STRATEGI BIMBINGAN MANASIK UMRAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CALON JAMAAH UMRAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi kasus PT. Sahabat Hijrah Indonesia Kab. Subang). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202030_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202030_2_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202030_6_bab5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202030_7_dafpus.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Dina Fauziah. NIM:1908202030, “STRATEGI BIMBINGAN MANASIK UMRAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CALON JAMAAH UMRAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi kasus PT. Sahabat Hijrah Indonesia Kab. Subang)”, 2023. Travel umrah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Kegiatan umrah mempunyai sisi yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan bimbingan manasik yang mana merupakan wahana untuk mengenalkan ibadah umrah lebih dekat dan teratur. Ada beberapa kasus dimana komunikasi dalam perjalanan umrah adalah tema penting yang jarang disorot, meskipun dalam focus bahasan yang terpisah, masing- masing tema sudah banyak dikaji. Dalam praktiknya sendiri, komunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan untuk menunjang pelayanan dan bimbingan jamaah umrah. Hal ini pada kondisi perjalanan umrah, terutama terkait bimbingan keagamaanyang belum mampu memenuhi kebutuhan dan harapan jamaah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan hukum ekonomi syariah terhadap strategi bimbingan manasik umrah dan kualitas pelayanan umrah di PT. Shabat Hijrah Indonesia Kab. Subang. Studi penelitian ini menggunakan kualitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris serta jenis penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan study pustkata. Adapun hasil penelitian ini: strategi bimbingan manasik umrah merupakan perencanaan untuk tercapainya tujuan yang diinginkan. Strategi bimbingan manasik ini salah satunya dengan adanya startegi komunikasi. Strategi komunikasi ini menjadi gambaran untuk jamaah dalam proses pembelajaran ibadah umrah. Untuk respon calon jamaah pun sangat antusias dengan adanya bimbingan manasik umrah ini, karenanya ini kali pertamanya bagi jamaah melaksanakan manasik umrah. Dengan pandangan hukum ekonomi syariah merupakan kemaslahatan umat untuk tercapainya tujuan bersama yang saling menguntungkan, sehingga tidak ada permasalahan hukum yang berkaitan dengan muamalah yang senantiasa berkembang. Kata Kunci: Strategi, Bimbingan Manasik, dan Umrah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:10
Last Modified: 30 Jan 2024 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item