ANALISIS PERILAKU MAHASISWI FAKULTAS SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK LABEL HALAL PADA MART EKA KOSMETIK DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM

SUSAN APRILIANI, S (2023) ANALISIS PERILAKU MAHASISWI FAKULTAS SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK LABEL HALAL PADA MART EKA KOSMETIK DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202052_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202052_2_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202052_6_bab5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202052_7_dafpus.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

SUSAN APRILIANI. 1908202052, “ANALISIS PERILAKU MAHASISWI FAKULTAS SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK LABEL HALAL PADA MART EKA KOSMETIK DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM” Perilaku konsumen pada setiap manusia adalah dengan memenuhi kebutuhannya termasuk dalam memilih kosmetik. Produk kosmetik yang berlabel halal sudah tentu dapat memberikan jaminan kehalalannya, namun permasalahannya terdapat beberapa mahasiswi fakultas syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tidak peduli dengan adanya kosmetik yang berlabel halal. Mereka menganggap bahwa kosmetik yang tidak berlabel halal dapat digunakan dan dapat bermanfaat bagi kulit mereka tanpa mempersalahkan adanya label halal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “bagaimana analisis perilaku mahasiswi fakultas syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menggunakan kosmetik label halal pada mart eka kosmetik dalam tinjauan hukum Islam”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Perilaku mahasiswi fakultas syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menggunakan produk kosmetik tidak sesuai dengan syariat islam, karena terdapat mahasiswi yang tidak memperdulikan dengan adanya label halal. Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Pelaksanaan pasal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dalam jual beli Kosmetik adalah sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah. Karena Islam memerintahkan umatnya untuk mengonsumsi dan menggunakan produk-produk yang halal salah satunya kosmetik. Oleh karena dibutuhkan peraturan pemerintah, yaitu dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Sementara dalam sudut pandang hukum islam menurut Fatwa MUI Nomor 26 Tahun 2013 tentang standar kehalalan produk kosmetik bahwa penggunaan kosmetika untuk kepentingan berhias hukumnya boleh dengan syarat bahan yang digunakan adalah halal dan suci, tidak menggunakan bahan yang haram ataupun najis. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Label Halal, Tinjauan Hukum Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:27
Last Modified: 30 Jan 2024 06:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item