Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Dan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 4 Brebes

Laeli Izzati Awaliyani, (2019) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Dan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 4 Brebes. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAPUS.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Islam memiliki peranan yang penting dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.Pendidikan Agama Islam menekankan kepada pembentukan kepribadian siswa yang islami, menanamkan pemahaman dan membimbing siswa agar memiliki kepribadian yang jujur, disiplin, berakhlakul karimah, serta bermanfaat bagi sesama.Secara umum, jika pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam tinggi, maka akhlak, sikap dan perilakunya dapat dikategorikan baik, begitu pun sebaliknya. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 4 Brebes dan pengaruhnya terhadap pembentukan akhlak dan kedisiplinan siswa, serta seberapa besar pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak dan kedisiplinan siswa.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan penulis bahwa masih adanya siswa MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 4 Brebes yang akhlak dan kedisiplianannya kurang dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak dan kedisipilinan siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 4 Brebes dan Mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak dan kedisipilinan siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 4 Brebes.Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi lembaga sekolah dalam mengupayakan dan membina akhlak serta kedisiplinan siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam ( X ), pembentukan akhlak ( Y1) dan kedisiplinan siswa ( Y2 ). Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi 870 siswa dan sampel 31 siswa.Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus product moment, yang kemudian dilakukan uji t dan uji determinasi untuk menguji kebenaran hipotesis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket yang disebar kepada 31 orang diperoleh hasil bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 4 Brebes.Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung> rtabel atau 0,426 > 0,355.Dan juga menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruhterhadap Kedisiplinan siswa di MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) 4 Brebes,yangdibuktikan dengan nilai rhitung> rtabel atau 0,498 > 0,355. Kemudian dilakukan uji determinasi dan diperoleh hasil besarnya pengaruh Pendidikan Agama Islamterhadap pembentukan akhlak siswa sebesar 18,1 % dan bersarnya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Siswa sebesar 24,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalm penelitian ini. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlak, Kedisiplinan Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:52
Last Modified: 06 Feb 2024 02:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item View Item