ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEKTOR HALAL FASHION PADA BISNIS BUSANA MUSLIM PT ANUGERAH MANDIRI APPAREL MAJALENGKA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH

Eri Khairina, E (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEKTOR HALAL FASHION PADA BISNIS BUSANA MUSLIM PT ANUGERAH MANDIRI APPAREL MAJALENGKA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202099_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202099_2_bab1.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202099_6_bab5.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202099_7_dafpus.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Eri Khairina. NIM: 1908202099, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEKTOR HALAL FASHION PADA BISNIS BUSANA MUSLIM PT ANUGERAH MANDIRI APPAREL MAJALENGKA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH”. Fenomena halal life style belakangan tengah melanda dunia. Di dalam perkembangannya halal life style memuat beberapa industri salah satunya halal fashion. Kesadaran akan pemenuhan kebutuhan halal dan maraknya tren hijab dikalangan masyarakat menjadi peluang bagi para pelaku usaha busana muslim untuk meningkatkan volume penjualannya. Hal yang sama pun dilakukan oleh PT. Anugerah Mandiri Apparel, salah satu produsen busana muslim di Majalengka. Memulai bisnis pada tahun 2017, PT. Anugerah Mandiri Apparel melakukan pemasaran secara online dan terus berkembang hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator halal pada produk fashion PT. Anugerah Mandiri Apparel Majalengka, mengetahui seperti apa strategi pemasaran dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap strategi pemasarannya. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan dua jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Terdapat dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari PT. Anugrah Mandiri Apparel Majalengka, dan sumber data sekunder berasal dari literatur dan dokumentasi seperti buku-buku, jurnal dan lainnya. Kemudian dianalisis dengan metode dekriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pertama produk fashion PT. Anugrah Mandiri Apparel sudah selayaknya mendapatkan sertifikasi halal, akan tetapi sertifikasi halal tersebut belum dilakukan oleh PT. Anugrah Mandiri Apparel karena PT. Anugrah Mandiri Apparel belum mengetahui mengenai adanya sertifikasi halal pada pakaian. Kedua, strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Anugrah Mandiri Apparel adalah strategi pemasaran secara online yang dilakukan melalui market place seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. Ketiga, strategi pemasaran yang dilakukan PT. Anugrah Mandiri Apparel jika ditinjau dari perspektif Islam dikenal dengan akad salam. Praktik akad salam PT. Anugrah Mandiri Apparel sudah sesuai dengan ketentuan kaidah fiqih dan KHES akan tetapi belum sesuai jika dilihat berdasarkan fatwa DSN No. 05/DSN-MUI/IV/2000. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Halal Fashion, Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:19
Last Modified: 07 Feb 2024 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item