Urgensi Penggunaan Merek Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Yang Belum Di Daftarkan (Studi Kasus Pada Merek Kopi Sasadulur Kopi Cibunar Linggarjati Perspektif Undang-Undang No.20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis

DEKA RAMDANIH, D (2023) Urgensi Penggunaan Merek Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Yang Belum Di Daftarkan (Studi Kasus Pada Merek Kopi Sasadulur Kopi Cibunar Linggarjati Perspektif Undang-Undang No.20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis. Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.

[img]
Preview
Text
1908202147_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202147_2_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202147_6_bab5.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908202147_7_dafpus.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Merek merupakan sebuah tanda yang di letakan atau di tempel pada pembungkus produk yang di perdagangkan biasanya berupa gambar yang isinya dapat berbentuk huruf, kata, warna, lukisan dan kombinasi dari lukisan dan warna. Maksud dari merek ini yaitu untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari para pesaingnya. Pada dasarnya, tujuan dari merek ini adalah untuk membedakan produk atau layanan dari penawaran pesaing. Faktanya dalam penelitian ini ada suatu produk namanya Sasadulur kopi Cibunar Linggarjati produk ini sudah terkenal di mana-mana namun produk ini hingga kini belum di daftarkan sebagai hak merek karena ada suatu hal yang mendesak sehingga merek sasadulur kopi ini belum di daftarkan ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (DJKI), maka perlu di pertanyakan mengenai perlindungan merek yang urgen pada Undang-Undang No.20 Tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis. Tujuan di buatnya penelitian ini yaitu untuk mengetahui prinsip dari penggunaan merek produk kopi sasdulur kopi Cibunar Linggarjati dan untuk mengetahui urgensinya pengguna merek sasadulur kopi Cibunar Linggarjati menurut Undang-Undang No. 20 tahun 2016 tentang hak merek dan indikasi geografis. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif, data yang di dapat melalui hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian di analisis penulis dengan data yang sudah terkumpul lalu di verifikasi atau penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama prinsip penggunaan merek oleh usaha produk kopi sasadulur kopi Cibunar Linggarjati. Dalam prinsip penggunaanya merek sasadulur kopi ini di gunakan sebagai tanda pengenal, alat promosi, meningkatkan kualitas produk dalam pemasaran, dan terakhir dapat menarik pelanggan setia yang dapat menguntungkan dan hasil kedua dari urgensi penggunaan merek sasadulur kopi Cibunar menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang hak merek dan indikasi geografis. Di dalam pasal 3 Undang-Undang No. 20 tahun 2016 yang berbunyi “ Hak Atas Merek Di Peroleh Setelah Merek Tersebut Terdaftar” maka dari itu hanya merek terdaftarlah yang dapat mempunyai perlindungan hukum dari negara lalu dampak yang timbul akibat merek yang belum di daftarkan yaitu Tidak memiliki hak merek dengan utuh, tidak di lindungi oleh negara sebagai hak merek, dan tidak mempuyai hukum yang kuat jika ada seseorang yang menggugat merek sasadulur kopi Cibunar Linggarjati tersebut. Kata Kunci : Merek, prinsip penggunaan produk, perlindungan hukum

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:02
Last Modified: 29 Feb 2024 07:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12664

Actions (login required)

View Item View Item