HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI SD DI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2018 - 2019

Lia Rosita Dewi, (2020) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI SD DI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2018 - 2019. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lia Rosita Dewi : Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian dengan Profesionalisme Guru PAI SD di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018-2019. Guru menjadi ujung tombak utama keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan. Pada tataran empirisnya, guru yang ada di Indonesia masih terbelit dengan berbagai problematika yang dihadapinya, diantaranya terkait dengan kompetensi guru. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian dengan Profesionalisme Guru PAI SD di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2018-2019 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara kompetensi pedagogik dengan profesionalisme guru PAI SD di Kecamatan Bulakamba, 2) hubungan antara kompetensi kepribadian dengan profesionalisme guru PAI SD di Kecamatan Bulakamba, 3) hubungan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian secara bersama-sama dengan profesionalisme guru PAI SD di Kecamatan Bulakamba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan sampel menggunakan rumus slovin menjadi 52 guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Koefisien korelasi antara kompetensi pedagogik dengan profesionalisme guru dengan ry1= 0,853.Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa variabel kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang probabilitas < 0,05. Kedua, Koefisien korelasi antara kompetensi kepribadian dengan profesionalisme guru dengan ry1= 0,804 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian dengan profesionalisme guru di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa variabel kompetensi kepribadian berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang probabilitas < 0,05. Ketiga, Hasil analisis regresi ganda diperoleh regresi ganda R12 sebesar 0,883 dengan signifikansi koefisien regresi ganda F sebesar 86.464 dengan persamaan regresi linear Y = 0,705 + 0,516 X1 + 0,339 X2. Koefisien korelasi antara kompetensi pedagogik dengan profesionalisme guru dengan ry1= 0,883 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian secara bersama-sama dengan profesionalisme guru di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes yang ditunjukkan dari hasil uji t yang probabilitas < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa semakin meningkat kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian maka akan meningkat profesionalisme guru. Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesionalisme guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:30
Last Modified: 19 Feb 2024 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item