PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT DR. K.H. ABDULLA SYUKRI ZARKASYI DAN PENERAPANNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL MUQODDAS SUMBER-CIREBON

Dimas Sawbil Haqqi, (2022) PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT DR. K.H. ABDULLA SYUKRI ZARKASYI DAN PENERAPANNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL MUQODDAS SUMBER-CIREBON. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT DR. K.H. ABDULLA SYUKRI ZARKASYI DAN PENERAPANNYA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL MUQODDAS SUMBER-CIREBON DIMAS SAWBIL HAQQI Bangsa Indonesia masih terus didera krisis karakter nasional yang serius. Di antara indikasinya adalah carut marutnya tatanan politik, pelanggaran dan permainan hukum, tingginya tingkat korupsi, perusakan lingkungan hidup, dan lain-lain. Semua itu berdampak pada ancaman instabilitas politik dan ekonomi, lemahnya daya saing bangsa Indonesia di tingkat internasional dan semakin terpuruknya citra Indonesia di mata dunia. Salah satu cara yang efektif untuk membangun dan membentuk karakter adalah melalui bidang pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah proses terencana untuk membentuk karakter peserta didik. Dan tujuannya adalah menciptakan generasi ideal yang berkepribadian baik dan berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengatahuan luas dan berpikiran bebas. Maka pondok pesantren merupakan tempat strategis dalam pembentukan karakter, sebagaimana yang telah dilakukan dan dipraktekkan oleh Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi dalam menerapkan pendidikan karakter untuk membentuk karakter peserta didiknya. Pondok Pesantren Modern Al Muqoddas Sumber Cirebon adalah salah satu pondok yang ada di Indonesia ini menerapkan system dan kurikulum sesuai dengan kurikulum dan methode Gontor, serta menerapkan Pendidikan kepada para santrinya berdasarkan dari pemikiran dan pengalaman DR KH Abdullah Syukri Zarkasyi dalam mendidik santrinya di Gontor Berdasarkan dari hal diatas, penulis bertujuan untuk mengungkap pendidikan karakter menurut Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi Dan Penerapannya di Pondok Pesantren Modern Al Muqoddas serta dampak pengaruhnya bagi para santrinya. Penelitian ini merupakan kajian lapangan dengan metode diskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, penulis mengunakan berusaha mengumpulkan I data-data baik primer maupun sekunder dengan mengunakan Metode Dokumenter, Metode Observasi dan Metode Wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisi dengan Metode Analisis Domain untuk memeperoleh gambaran umum tentang pendidikan karakter menurut Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, lalu Metode Analisis Taksonomi untuk menerangkan gambaran umum yang diperoleh, dan selanjutnya Metode Analisis Komponensial untuk mendapatkan ciri khusus dari gambaran umu tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter menurut Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi adalah pendidikan mental dimana hal ini tidak bisa dilakukan hanya dengan memberikan pelajaran saja, tetapi harus lebih memberi kegiatan kepada para siswa. Begitu juga yang dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al Muqoddas dalam membentuk karakter para santrinya yaitu dengan melibatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan yang bermacam-macam yang mengandung pendidikan berbasis kegiatan yang berupa kegiatan keruhanian, kegiatan keilmuan, dan kegiatan kemasyarakatan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:54
Last Modified: 22 Feb 2024 02:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item