STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL BIRUNI BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

Iim Imaniyah, (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK AL BIRUNI BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis ini mengkaji tentang Strategi Pembelajaran Berbasis Mutiple Intellegences Pada Mata Pelajaran PAI SMK Al Biruni. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI di SMK Al Biruni 2) Untuk menggambarkan penerapan strategi berbasis Multiple Intellegences pada mata pelajaran PAI di SMK Al Biruni. Penelitian ini didasarkan atas pemikiran bahwa suatu strategi belajar yang relevan dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelegences belajar mata pelajaran PAI jadi lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI, Pegawai dan siswa–siswi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran terdiri atas 2 tahapan,yaitu mengenali inteligensi siswa dengan menggunakan TIMI (Test Interest Multiple Intelligences) dan menyusun rencana proses pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru melakukan kegiatan untuk memberikan apersepsi dan motivasi serta melakukan kegiatan-kegiatan berbasis multiple intelligences. Sembilan kecerdasan yaitu: Verbal-Linguistik, Logis-Matematis, Visual-Spasial, Jasmaniah-Kinestetik, Musikal-Berirama, Interpersonal, Intrapersonal, Naturalis Dan Eksistensial-Spritual tidak dilakukan dalam satu waktu. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan 3 ranah yaitu; 1) kognitif dengan tes lisan, tertulis dan penugasan, 2) afektif dengan observasi, target bulanan dan penilaian diri, 3) Psikomotorik dengan tugas dan praktek. Bisa ditarik kesimpulan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intellegences adalah suatu upaya mengoptimalkan berbagai intelegensi yang dimiliki setiap siswa dan memacu kecerdasan yang dominan pada diri siswa seoptimal mungkin. Dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intellegences, siswa lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapat sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan tidak monoton.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:22
Last Modified: 23 Feb 2024 06:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item