MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMAN 4 CIREBON

Afif Susanto, (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMAN 4 CIREBON. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img]
Preview
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

AFIF SUSANTO: Manajemen Peserta Didik Dalam Upaya Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMAN 4 Cirebon. Tesis, Program Pasca Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI), IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2023. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen peserta didik dalam upaya penanaman karakter disiplin pada peserta didik di di SMA Negeri 4 Cirebon, 2) Untuk menganalisa efektivitas manajemen peserta didik dalam membentuk dan mengembangkan karakter disiplin pada peserta didik di di SMA Negeri 4 Cirebon, 3) Untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan proses penanaman karakter disiplin melalui aspek-aspek manajemen peserta didik di SMA Negeri 4 Cirebon, 4) Untuk menganalisa apa saja upaya-upaya yang dilakukan guna meningkatkan kualitas manajemen peserta didik dalam proses penanaman karakter disiplin pada peserta didik di di SMA Negeri 4 Cirebon. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Cirebon. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian adalah 1) Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Cirebon, 2) Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, 3) Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum, 4) Wakil kepala sekolah bidang Humas, 5) Pembina OSIS 6) Guru bimbingan konseling, 4) ketua MPK. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. (1). Pelaksanaan manajemen peserta didik dalam upaya penanaman karakter disiplin pada peserta didik di di SMAN 4 Cirebon dimulai dari: a) tata tertib di sekolah dibuat dan dirumuskan sendiri oleh peserta didik yaitu melalui MPK, tujuannya agar terciptanya perilaku disiplin pada peserta didik tanpa merasa terbebani karena peraturan tata tertib merupakan gagasan dari para peserta didik sehingga timbul kesadaran didalam diri peserta didik untuk taat aturan. b) penerapan kedisiplinan di sekolah dilakukan oleh semua komponen yang ada, terutama guru dan majelis perwakilan kelas yang rutin mengadakan razia baik terhadap atribut sekolah maupun barang lain yang dilarang disekolah. Kebiasaan taat terhadap aturan dilakukan mulai dari awal kedatangan ke sekolah hingga pulang sekolah (2). Dalam upaya proses penanaman karakter disiplin peserta didik di SMAN 4 Cirebon, telah dilaksanakan beberapa program guna mengefektifkan pelaksanaan manajemen peserta didik yang terstruktur (terencana, terprogram dan terukur). Diantara berbagai strategi yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan program-program manajemen peserta didik pada sekolah seperti proses pelaksanaan ketertiban disekolah yang dilaksanakan secara kontinyu dan menyeluruh dengan melibatkan semua warga sekolah, proses pengawasanpun dilakukan langsung oleh kepala sekolah. (3). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses penanaman karakter disiplin melalui aspek-aspek manajemen peserta didik di SMAN 4 Cirebon ini dipengaruhi a) pelibatan semua pihak dalam upaya penanaman karakter disiplin melalui aspek-aspek manajemen peserta didik b) perumusan tata tertib dan penerapan tata tertib dalam membentuk karakter disiplin peserta didik yang terprogram (4). Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas manajemen peserta didik dalam upaya penanaman karakter disiplin pada peserta didik di di SMAN 4 Cirebon yaitu dengan a) mengadakan workshop peningkatan kedisiplinan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, b) melibatkan peran orang tua dalam pembiasaan kedisiplinan disekolah dan c) melakukan pembinaan peserta didik melalui layanan-layanan khusus. Kata Kunci: Manajemen, peserta didik, Karakter Disiplin, Peserta Didik

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:51
Last Modified: 05 Mar 2024 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item