Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Cipejeuh Cirebon dalam Pandangan Etika Bisnis Islam

Tikayatul Fadilah, (2024) Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Cipejeuh Cirebon dalam Pandangan Etika Bisnis Islam. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204141_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204141_2_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204141_6_bab5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204141_7_dafpus.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Perilaku pedagang merupakan suatu sikap atau tindakan seseorang dalam melakukan perdagangan atau dalam menjalankan jual beli. Etika Bisnis Islam merupakan suatu perangkat norma dan aturan yang mengatur agar suatu bisnis dapat berjalan dengan baik. Mengingat persaingan akan selalu ada dalam bisnis, oleh karena itu etika bisnis Islam sangat dibutuhkan untuk menjaga keteraturan dalam berbisnis agar tidak terjadi pelanggaran etika dan bisnis yang dijalani sesuai dengan kaidah-kaidah Islami. Pasar Tradisional Cipejeuh merupakan salah satu objek dimana kegiatan bisnis berjalan. Tujuan penelitian adalah mengetahui perilaku pedagang pasar tradisional cipejeuh cirebon telah menerapkan etika bisnis Islam dalam menjalankan praktek bisnisnya atau tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di Pasar Tradisional Cipejeuh Cirebon. Dengan sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang didapatkan langsung dari pedagang dan sumber data sekunder didapatkan dari berbagai literatur yang relevan dengan pembahasan penelitian. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, perilaku pedagang di Pasar Tradisional Cipejeuh Cirebon ternyata masih banyak pedagang yang belum memakai sistem etika bisnis Islam, dan hanya sebagian pedagang yang memahami etika bisnis Islam. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:31
Last Modified: 08 Mar 2024 02:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12839

Actions (login required)

View Item View Item