Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uanng Saku Mahasiswa Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal(Studi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Muhammad Habib Maulana, (2023) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uanng Saku Mahasiswa Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal(Studi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908204062_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204062_2_bab1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204062_6_bab5.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204062_7_dafpus.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ekonomi dan teknologi komunikasi yang sangat pesat memberikan begitu banyak kemudahan dalam dunia bisnis. Peneliti menemukan bahwa tingkat pemahaman tentang literasi keuangan di antara mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon masih rendah. Hal ini disebabkan oleh ketersediaan banyak akses keuangan bagi mahasiswa tanpa disertai peningkatan pemahaman tentang keuangan. Akibatnya, mahasiswa rentan terhadap penipuan terkait investasi bodong, terutama dengan kemajuan teknologi yang memunculkan banyak modus berkedok investasi bodong. Situasi ini semakin memperburuk keadaan karena mahasiswa yang kurang memiliki pengetahuan keuangan yang memadai dapat menjadi korban. Metodelogi penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif dengan jenis data penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket/kuisioner ke responden sebanyak 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat pengaruh literasi keuangan (X1) terhadap keputusan investasi di pasar modal. Hal ini dapat dilihat pada nilai probalitilas signifikansi (sig) yakni sebesar 0,006 lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05 maka H1 diterima H0 ditolak. Terdapat pengaruh uang saku mahasiswa (X2) terhadap keputusan investasi di pasar modal. Hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas signifikansi (sig) yakni 0,001 lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,05 maka H1 dierima dan H0 ditolak. Terdapat pengaruh literasi keuangan (X1) dan uang saku mahasiswa (X2) secara simultan atau bersama sama berpengaruh signifikan (sig) terhadap keputusan investasi dipasar modal. Dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier berganda yang diperoleh dari hasil uji F yakni dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dan dari uji koefisien determinasi nilai adjusted R Square sebesar 0,460 maka memiliki arti bahwa variabel literasi keuangan dan uang saku memberikan sumbangan pengaruh secara bersama sama sebesar 46% terhadap variabel keputusan investasi, sedangkan sisanya sebesar 60% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci : Literasi Keuangan, Uang Saku Mahasiswa, Keputusan Investasi

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:37
Last Modified: 08 Mar 2024 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item