Penerapan Penilaian Proses Pembelajaran dan pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri III Leuwimunding Kabupaten Majalengka

Yati jumiati, Yati jumiati (2012) Penerapan Penilaian Proses Pembelajaran dan pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri III Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.

[img]
Preview
Text
Yati Jumiati_PAI_50540614_Awalan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yati Jumiati_PAI_50540614_BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yati Jumiati_PAI_50540614_BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yati Jumiati_PAI_50540614_DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian perlu dipersiapkan karena merupakan suatu hal yang sangat panting, agar dapat melaksanakan suatu penilaian dengan baik, jika tidak dilaksanakan suatu penilaian. proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan dari awal sampai dengan akhir tidak akan diketahui keberhasilannya. Data atau hasil penilaian tersebut dapat menjadi masukan dari guru untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya. Dengan adanya penilaian proses pembelajaran mata pelajaran IPS meningkatkan prestasi belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data penerapan penilaian proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS. kelas VIII, mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII. dan untuk mengetahui pengaruh penilaian proses pernberajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII SMP negeri 3 Ieuwimunding. Berdasarkan kerangka berfikir diatas, terlihat bahwa dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari kegiatan penilaian proses pembelajaran yang didalamnya berhubungan erat dengan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan penilaian proses pembelajaran, guru memperoleh manfaat yang cukup besar disamping sebagai sarana umpan balik juga mampu melahirkan etektifitas kegiatan belajar siswa yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, keterampilan maupun aspek penguasaan materi pelajaran yang disampaikan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket guna mengetahui data dari masing-masing variabel X dan Y. untuk menganalisis data kualitatif penulis mcnggunakan logika, dan untuk data kuwantitatif digunakan cara statistik dengan pendekatan korelasi product moment. Dari Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir berdasarkan perhitungan data dari penerapan penilaian proses pembelajaran (variabel X) clan prestasi belajar siswa (variabel Y) ternyata ditemukan adanya korelasi yang kuat atau tinggi, atau tidak bertanda negative ini berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Adapun nilai akhir rxy mencapai 0,64 tersebut diatas dikonsultasikan dengan kadar pengaruhnya dari kedua variabel tersebut (variabel X dan variabel Y) yakni antara penerapan penilaian proses pembelajaran (X) dengan preslasi belajar siswa dalam mate pelajaran IPS kelas VIII (Y) berada clamant bums ketentuan antara 0,61 - 0,80.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:26
Last Modified: 15 Mar 2024 02:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12893

Actions (login required)

View Item View Item