KREDIBILITAS DAN KONTRIBUSI PERAWI WANITA DALAM HADITS PENDIDIKAN MUSNAD IMAM AHMAD BIN HANBAL

Muhammad Abdul Aziz, (2024) KREDIBILITAS DAN KONTRIBUSI PERAWI WANITA DALAM HADITS PENDIDIKAN MUSNAD IMAM AHMAD BIN HANBAL. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (397kB)

Abstract

Muhammad Abdul Aziz. NIM 21086030057. (2023). “Kredibilitas dan Kontribusi Perawi Wanita dalam Hadits Pendidikan Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal”. Banyak penelitian tentang perawi hadits secara umum, namun yang berkaitan dengan keterlibatan perawi wanita secara khusus dalam periwayatan hadits masih sedikit, terutama dalam mendeskrpisikan tentang kehidupan sosial perawi wanita, metode dalam menerima dan meriwayatkan hadis, kredibilitas dan kontribusinya dalam periwayatan hadits pendidikan dalam kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah perawi perempuan, menganalisis kredibilitas dan kontribusi dalam hadits pendidikan kitab Musnad Imam Ahmad. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan bersifat deskriptif analitis. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Musnad Imam Ahmad, sedangkan sumber sekunder adalah literatur lain yang berupa kitab, buku, jurnal, majalah, dan lain-lain yang memuat hadits, ilmu hadits, sejarah, dan biografi perawi. Kerangka pemikiran dikembangkan dengan melakukan kajian terhadap kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal untuk mengetahui jumlah perawi wanita dan kontribusinya dalam hadits pendidikan sedangkan untuk mengetahui kredibilitas perawi disamping dikaji dari kitab tersebut, juga ditambah dari referensi lain yang terkait dengan kedudukan dan kualitas perawi wanita dalam periwayatan hadits. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Jumlah Perawi Wanita yang terdapat dalam kitab Musnad Imam Ahmad sebanyak 147 perawi. (2) Kredibilitas perawi terdiri dari 126 perawi shahabiyyâtʻudul, 21 perawi tâbiʻiyyât. Adapun dari perawi tâbiʻiyyât terbagi menjadi 11 tsiqah, 5 maqbûlah, 5 majhûlah. (3) Kontribusi wanita dalam periwayatan hadits secara umum sebanyak 3140, dari jumlah tersebut penulis teiliti dan cermati kembali sehingga mendapatkan kesimpulkan bahwa periwayatan perawi wanita yang berkaitan dengan hadits pendidikan dalam kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal sejumlah 14 hadits, terdiri dari hadits tentang metode pengajaran dengan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, metode pembiasaan dalam pembelajaran, ramah dan tenang dalam proses pembelajaran, evaluasi dalam pendidikan, tujuan pendidikan, dan urgensi manajemen pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2024 01:47
Last Modified: 05 Apr 2024 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13020

Actions (login required)

View Item View Item